Merawati, Desiana (2016) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menyusun karya ilmiah geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo / Desiana Merawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Merawati Desiana. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menyusun Karya Ilmiah Geografi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si (2) Drs. Soetjipto T H. M.Pd Kata kunci Model pembelajaran Think Talk Write berbasis keterampilan berpikir kritis kemampuan menyusun karya ilmiah. Tidak semua model pembelajaran dapat mendorong siswa untuk mampu menyusun karya ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyusun karya ilmiah siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbasis keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran menggunakan model Think Talk Write berbasis keterampilan berpikir kritis terdiri dari 3 fase yaitu berpikir berbicara dan menulis. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu (Quasi Experiment) menggunakan desain Static Group Comparasion dan mengambil subyek penelitian dua kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelasnya untuk menentukan kelas eksperimen XI IIS 3 dan kelas kontrol XI IIS 4. Instrument penelitian ini menggunakan pedoman penskoran karya tulis ilmiah sebagai pedoman dalam memberikan skor hasil karya tulis ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 21.00 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menyusun karya ilmiah geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tarik. Dari hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan menyusun karya ilmiah pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 76 48. Sedangkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 58 78 dengan probabilitas 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menyusun karya ilmiah geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53393 |
Actions (login required)
View Item |