Tanggapan pengunjung terhadap sapta pesona objek wisata religi Pura Giri Arjuno Kota Batu / Kristina Maisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan pengunjung terhadap sapta pesona objek wisata religi Pura Giri Arjuno Kota Batu / Kristina Maisaroh

Maisaroh, Kristina (2016) Tanggapan pengunjung terhadap sapta pesona objek wisata religi Pura Giri Arjuno Kota Batu / Kristina Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristina Maisaroh. 2015. Tanggapan Pengunjung Terhadap Sapta Pesona Wisata Religi Pura Giri Arjuno di Kota Batu. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mustofa M.Pd (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd Kata Kunci Tanggapan Pengunjung Sapta Pesona Wisata Obyek Wisata Religi Pariwisata merupakan salah satu sektor yang mudah dan cepat untuk berkembang. Pengembangan pariwisata di Kota Batu ini sangat pesat dengan berbagai macam obyek wisata. Berkembangnya obyek wisata perlu diperhatikan keamanan kebersihan keindahan ketertiban kesejukan keramahan dan kenangan bagi pengunjung. Hal ini yang disebut sebagai Sapta Pesona Pariwisata yang merupakan prioritas utama dalam mengembangkan obyek pariwisata. Pura Giri Arjuno merupakan salah satu obyek wisata religi yang relatif baru di Kota Batu dengan pengunjung yang meningkat perlu dilakukan evaluasi terhadap Sapta Pesona obyek tersebut. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) Kondisi Geografis Obyek Wisata Religi Pura Giri Arjuno yang meliputi tinggi tempat luas obyek wisata dan deskripsi geografis(2) Tanggapan pengunjung terhadap Sapta Pesona Obyek Wisata Religi Pura Giri Arjuno. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian seluruh pengujung obyek wisata religi Pura Giri Arjuno. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental samplingdengan jumlah 75 responden. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui tinggi tempat dan luas areal obyek wisata. Analisis data yang digunakan adalah scoring dan tabulasi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Latar Geografis Obyek Wisata Religi Pura Giri Arjuno sudah sesuai untuk mendukung kegiatan obyek wisata. Letak geografis obyek wisata yang dikelilingi pegunungan menambah keindahan pemandangan. Iklim yang sejuk didukung oleh ketinggian obyek wisata yang berada pada 1862 mdpl yang berdiri di atas lahan seluas 1 Ha. Obyek wisata ini sudah mendukung dua unsur keindahan dan kesejukan yang ada dalam Sapta Pesona. 2) Berdasarkan hasil penelitian di Lapangan tentang Tanggapan Pengunjung terhadap Sapta Pesona Obyek Wisata Religi Pura Giri Arjuno pada posisi yang sesuai untuk menjadi daerah tujuan wisata. Hasil Sapta Pesona ini masuk pada kelas ke 2 dalam klasifikasi penilaian Sapta Pesona yang artinya sesuai untuk menjadi obyek wisata. Saran untuk obyek wisata Pura Giri arjuno untuk lebih meningkatkan pengelolan Sapta Pesona Pariwisata yang masih perlu di perbaiki. Sistem pengelolaan yang masih perlu ditingkatkan adalah kenangan dan kebersihan. Banyak pengunjung yang mengeluhkan kebersihan toilet dan kenangan yang masih belum ada di obyek wisata ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53392

Actions (login required)

View Item View Item