Ni'mah, Nafiatul (2016) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Problem Psing (PP) tetrhadap minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Nafiatul Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ni mah Nafiatul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Problem Posing (PP) Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Minat belajar think pair share problem posing Minat belajar adalah kemauan seseorang yang berasal dari dalam diri sehingga merasa tertarik pada aktifitas pembelajaran di kelas. Faktor yang mempengaruhi minat belajar salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Think pair share merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk menunjukkan partisipasinya dalam proses pembelajaran peserta didik harus berpikir sendiri sebelum menyampaikannya dalam diskusi kelompok. Problem posing merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa menyusun pertanyaan atau memecah pertanyaan menjadi lebih sederhana kemudian dicari penyelesaiannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dan problem posing terhadap minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design). Pada penelitian ini digunakan dua kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran think pair share dan problem posing. Instrumen untuk mengetahui minat belajar siswa menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis uji t-test angket minat belajar siswa menunjukkan nilai signifikan 0 05 (0 000 0 05) maka Ho ditolak. Hasil uji t-test observasi minat belajar siswa nilai signifikan 0 05 (0 012 0 05) maka Ho ditolak. Hasil analisis angket dan observasi menunjukkan bahwa ada perbedaan minat belajar geografi menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Problem Posing (PP) pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu. Penggunaan model pembelajaran think pair share lebih berpengaruh dibanding model pembelajaran problem posing. Hal ini dapat dilihat dari Rata-rata kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran think pair share untuk rata-rata nilai angket 69 88% dan observasi 74 31%. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran problem posing untuk nilai angket adalah 57 96% dan observasi 72 81%. Wawancara juga dilakukan untuk mendukung hasil angket dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa adanya perbedaan minat belajar siswa dalam penelitian ini tidak sepenuhnya dipengaruhi atau ditentukan oleh keberhasilan penggunaan suatu model pembelajaran saja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan dapat meningkatkan minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |