Prediksi laju erosi menggunakan model Rusle pada Sub Das Lanang di Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Ulum Ardian Bahri - Repositori Universitas Negeri Malang

Prediksi laju erosi menggunakan model Rusle pada Sub Das Lanang di Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Ulum Ardian Bahri

Bahri, Ulum Ardian (2016) Prediksi laju erosi menggunakan model Rusle pada Sub Das Lanang di Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Ulum Ardian Bahri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahri Ulum Ardian. 2015. Prediksi Laju Erosi Menggunakan Model RUSLE Pada Sub DAS Lanang di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didik Taryana M.Si (II) Drs. Sudarno Herlamabng M.Si Kata Kunci Alih fungsi laju erosi model RUSLE model plot erosi uji validitas Alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan perkebunan menjadi permasalahan yang sering dijumpai di wilayah perbatasan hutan. Apabila hutan tidak berfungsi lagi maka akan muncul aliran permukaan yang memicu erosi. Alih fungsi lahan merupakan salah satu penyebab dari meningkatnya erosi. Erosi bersifat merusak untuk daerah yang tererosi serta yang dilewati aliran permukaan. Saat ini Sub DAS Lanang mengalami alih fungsi dari hutan menjadi ladang/kebun dan pemukiman. Luas hutan semakin turun sedangkan luas ladang/kebun. Oleh karena itu perlu ada perhatian terhadap masalah alih fungsi lahan salah satunya dengan melakukan pengukuran besaran laju erosi dengan model prediksi RUSLE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju erosi di Sub DAS Lanang. Penelitian ini menggunakan dua model untuk mengetahui laju erosi yakni model RUSLE dan plot. Model RUSLE merupakan prediksi laju erosi potensial. Sedangkan model plot merupakan pengukuran laju erosi aktual. Hasil dari dua model tersebut kemudian dilakukan uji validitas. Hasil dari uji validitas kemudian digunakan untuk validasi dalam model RUSLE yakni dengan mengalikan nilai hasil setiap prediksi dengan nilai validasi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan sampel bentuk lahan. Model plot erosi terdiri dari tiga unit plot yakni unit plot I (hilir) berupa ladang dengan tanaman campuran unit plot II (tengah) berupa ladang jagung dan kopi sedangkan unit plot III (hulu) berupa ladang dengan tanaman jahe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu yaitu observasi pengukuran lapangan uji laboratorium dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan RUSLE plot erosi dan uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil dari model RUSLE diketahui nilai laju erosi rata-rata 0 098 kg/ha. (2) Hasil dari model Plot Erosi diketahui nilai laju erosi rata-rata 0 64 kg/ha. (3) Hasil uji validitas diketahui nilai CE sebesar 0 991. Oleh karena itu perlu ada validasi pada model RUSLE yakni dengan mengalikan nilai CE dengan nilai setiap prediksi. (4) Hasil prediksi dalam satu tahun di Sub DAS Lanang diketahui sebesar 6230 098 kg/thn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53383

Actions (login required)

View Item View Item