Validasi buku teks geografi SMA kelas X terbitan Erlangga karangan K. Wardiyatmoko pada kompetensi dasar menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan / Pitana Nur Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Validasi buku teks geografi SMA kelas X terbitan Erlangga karangan K. Wardiyatmoko pada kompetensi dasar menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan / Pitana Nur Kumalasari

Kumalasari, Pitana Nur (2015) Validasi buku teks geografi SMA kelas X terbitan Erlangga karangan K. Wardiyatmoko pada kompetensi dasar menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan / Pitana Nur Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumalasari Pitana Nur. 2015. Validasi Buku Teks Geografi SMA Kelas X Terbitan Erlangga Karangan K. Wardiyatmoko Pada Kompetensi dasar Menganalisis Dinamika Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci Validasi buku teks Dinamika planet bumi kesesuaian isi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa fungsi media Buku teks penting dalam pembelajaran terlebih bagi guru yang tidak mampu membuat bahan ajar sendiri berdasarkan standar kompetensi dalam kurikulum yang berlaku sehingga juga mendukung keberhasilan siswa dalam belajar. Buku teks yang berkualitas memuat aspek-aspek penting seperti kesesuaian isi dengan kurikulum kebenaran konsep bahasa dan penyajian grafik/gambar. Pentingnya buku teks sebagai sumber belajar mengharuskan seorang guru lebih cermat dan teliti dalam memilih buku teks yang berkualitas. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi denga kurikulum serta untuk mengetahui tigkat kebenaran konsep dan bahasa yang terdapat dalam buku teks geografi SMA kelas x terbitan Erlangga. Selain untuk mengetahui ketiga hal tersebut penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan penggunaan media untuk menjelaskan suatu konsep. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi yang bertujuan untuk mengungkapkan atau menggambarkan suatu masalah sesuai dengan fakta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks geografi kelas X kurikulum 2013 karangan K.Wardiyatmoko terbitan Erlangga. Materi yang dikaji dalam penelitian ini terdapat pada kompetensi dasar menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan. Instrumen penelitian yang dipilih berupa pedoman analisis kualitas teks yang disusun dalam tabel berdasarkan kriteria-kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong cukup. Kedua kebenaran konsep konkret tergolong rendah sedangkan konsep terdefinisi tergolong cukup. Ketiga kebenaran bahasa tergolong rendah karena masih banyak mengandung tata bahasa yang salah.Keempat fungsi media dalam buku teks tergolong cukup berfungsi sebagai peningkatan pemahaman siswa. Oleh karena itu disarankan penggunaan buku teks yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam bahan ajar tidak disajikan saat pembelajaran. Penulisan buku teks hendaknya memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah baku Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53380

Actions (login required)

View Item View Item