Marzallena, Riza Eka (2015) Pemanfaatan media gambar dan video untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS 3 SMAN 9 Malang / Riza Eka Marzallena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Marzallena Riza Eka. 2015.Pemanfaatan Media Gambar dan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS 3 SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Yusuf Suharto M.Pd Kata kunci Medi Pembelajran Gambar dan Video Hasil belajar Refleksi awal terhadap pembelajaran Geografi di kelas XI IIS 3 SMAN 9 Malang hasil belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata 65 67. Hal tersebut dipengaruhi oleh aktifitas belajar peserta didik yang rendah belum memanfaatkan media dalam pembelajaran hasil belajar geografi peserta didik rendah minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran geografi rendah dan motivasi belajar peserta didik rendah saat mengikuti pembelajaran mata pelajaran geografi. Dari serangkaian masalah tersebut yang menjadi akar masalah adalah guru belum memanfaatkan media yang tersedia dalam pembelajarannya. Berdasarkan akar masalah maka dilakukan perbaikan pembelajaran dengan judul Pemanfaatan Media Gambar dan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS 3 SMAN 9 Malang . Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri Malang dengan menggunakan media gambar dan video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IIS 3 dengan jumlah siswa sebanyak 27 dan data yang dikumpulkan berupa hasil belajar geografi siswa. Instrumen yang digunakan yaitu hasil observasi catatan lapangan dan tes. Penelitian ini menggunakan komparasi antar siklus yaitu prasiklus siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Untuk peningkatan hasil belajar siswa dihitung dari jumlah siswa yang mampu mencapai SKM. Pada siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai SKM sebanyak 14 siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 21 siswa. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan media pembelajaran Gambar dan Video. Penelitian Tindakan Kelas ini menghasilkan dua saran terkait dengan manajemen waktu dan pengelolaan kelas yaitu 1) pengelolaan waktu yang tepat terutama pada tiap tahapan agar penerapan media ini bisa berjalan lancar 2) perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53372 |
Actions (login required)
View Item |