Prasanti, Inggan (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 4 Malang / Inggan Prasanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasanti Inggan. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hendri Purwito M.Si. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis Model pembelajaran Problem Based Learningmempunyai kelebihan sebagai salah satu model pembelajaran yaitu 1) Siswa menjadi aktif dalam pembelajaran 2) Siswa menjadi lebih memahami sendiri konsep-konsep pada materi pembelajaran 3) Menjadikan siswa mandiri dalam belajar. Model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikirkritis. Model pembelajaran ini diterapkan pada materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Permasalahan pada materi ini sering terjadi dalam kehidupan siswa sehingga siswa dapat menganalisis permasalahan nyata yang terjadi disekitar mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain deret waktu (Time series design). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IX IPS-2 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan penerapan sebanyak empat kali untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada penelitian ini adalah dengan menggunakan soal essai sebanyak 6 butir soal. Tes diberikan setelah penerapan model pembelajaran selesai dilakukan. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Paired sample T-testmenunjukkan bahwa pada tes 1 dan tes 2 memperoleh hasil sebesar 0 010 0.05. Pada tes 2 dan tes 3 menunjukkan hasil 0 010 0.05. Pada tes 3 dan tes 4 menunjukkan hasil 0 000 0.05. Peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada tes 1 sebesar 50 16 nilai rata-rata tes 2 sebesar 55 05 nilai rata-rata tes 3 sebesar 63 28 dan nilai rata-rata tes 4 sebesar 69 17.Maka kesimpulan dari uji hipotesis penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran geografi siswa SMA Negeri 4 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53365 |
Actions (login required)
View Item |