Validasi buku teks geografi kelas X SMA/MA Karangan Yulmadia Yulir 2013 / Rully Anita Sari Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Validasi buku teks geografi kelas X SMA/MA Karangan Yulmadia Yulir 2013 / Rully Anita Sari Rahayu

Rahayu, Rully Anita Sari (2015) Validasi buku teks geografi kelas X SMA/MA Karangan Yulmadia Yulir 2013 / Rully Anita Sari Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Rully Anita S. 2015. Validasi Buku Teks Geografi Kelas X SMA/MA Karangan Yulmadia Yulir 2013 (Kompetensi Dasar Evaluasi Tindakan yang Tepat dalam Mitigasi Bencana Alam). Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mustofa M.Pd. (II) Dr. Ach. Amiruddin M.Pd. Kata kunci kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa Bahan ajar geografi yang berupa buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang memiliki peran penting dalam pembelajaran khususnya bagi siswa yang cenderung menggunakan buku teks sebagai sumber belajarnya. Saat ini tingkat ketergantungan siswa terhadap bahan ajar geografi berupa buku teks sebagai sumber belajar cenderung tinggi. Tujuan penelitian ini secara umum yaitu (1) mengetahui tingkat kesesuaian isi materi dengan kurikulum (2) kebenaran konsep pada materi mitigasi bencana (3) kebenaran bahasa pada materi mitigasi bencana (4) fungsi media gambar. Rancangan penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Penelitian ini menggunakan dokumen sebagai objek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah buku teks geografi kelas X SMA/MA karangan Yulmadia yulir yang mencangkup materi evaluasi tindakan yang tepat dalam mitigasi bencana alam. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kriteria kesesuaian. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menghitung presentase kesesuaian isi dengan kurikulum kebenaran konsep fungsi media gambar dan menghitung jumlah kesalahan bahasa. Untuk menyatakan kriteria skor yang diperoleh digunakan tabel persentase. Hasil penelitian menunjukan kesesuaian isi dengan kurikulum rendah (ada materi yang terlalu luas dan ada indikator yang masih kurang penjelasannya) kebenaran konsep termasuk dalam kategori tinggi kebenaran bahasa termasuk kategori rendah sehingga perlu diperbaiki (dari segi kesalahan tanda baca kosakata kalimat dan paragraf) fungsi media gambar termasuk kategori rendah (4 dari 6 gambar hanya sebagai gambaran umum sementara sisanya yaitu 2 gambar memberikan informasi tambahan). Penelitian ini menghasilkan 2 saran yaitu (1) terkait penggunaan buku ajar sebelum menggunakan buku ajar diharapkan guru menelaah terlebih dahulu isi buku apakah sudah layak atau masih perlu diperbaiki baik dari segi kesesuaian isi dengan kurikulum maupun dari segi kebenaran konsep (2) terkait persiapan bahan ajar guru sebaiknya tidak hanya menggunakan buku teks yang sudah jadi namun juga membuat sendiri modul sesuai dengan kurikulum yang berlaku deangan memperhatikan ketentuan yang telah disepakati tim musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53347

Actions (login required)

View Item View Item