Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kretaif pada mata pelajaran geografi siswa MA Al Ma'arif Singosari / Hardiyanti Hamid H. A. Rena - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kretaif pada mata pelajaran geografi siswa MA Al Ma'arif Singosari / Hardiyanti Hamid H. A. Rena

Rena, Hardiyanti Hamid H. A. (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kretaif pada mata pelajaran geografi siswa MA Al Ma'arif Singosari / Hardiyanti Hamid H. A. Rena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rena Hardiyanti Hamid. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Geografi Siswa MA Al Ma arif Singosari. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Masalah kemampuan berpikir kreatif Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini memiliki berbagai kelebihan diantaranya membantu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif. Model pembelajaran ini membantu siswa untuk menginduksikan berbagai fakta menjadi konsep yang berguna bagi pengetahuan para siswa. Model pembelajaran ini juga sangat baik diterapkan dalam pelajaran geografi dengan berbagai materinya yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen atau eksperimen semu dan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Maarif Singosari. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol.Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dengan menggunakan soal essai sebanyak lima butir pertanyaan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Pembuatan instrumen tes dikembangkan dari kisi-kisi soal tes. Kisi-kisi soal dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Soal tersebut diberikan pada kedua kelas setelah pelaksanaan perlakuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan independet t-test diperoleh nilai Sig. 0 05 yaitu 0 32 dan 0 31. Nilai rata-ratakemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen yang lebih tinggi (68 09) daripada kelas kontrol (62 33). Ini artinya model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran geografi siswa Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53341

Actions (login required)

View Item View Item