Penerapan pendekatan scientific dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IIS-5 SMAN 7 Malang / Mega Karunia Gumelar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan scientific dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IIS-5 SMAN 7 Malang / Mega Karunia Gumelar

Gumelar, Mega Karunia (2015) Penerapan pendekatan scientific dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IIS-5 SMAN 7 Malang / Mega Karunia Gumelar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gumelar Mega Karunia 2015. Penerapan Pendekatan Scientific dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IIS-5 SMAN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Budi Handoyo M.Si. (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata kunci scientific media gambar hasil belajar. Observasi di kelas X IIS-5 SMAN 7 Malang diketahui bahwa hasil belajar geografi peserta didik rendah. Hal ini dibuktikan pada saat dilaksanakan tes pratindakan 13 dari 22 peserta didik mendapatkan nilai dibawah KKM yakni 75. Kondisi tersebut dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru dan media pembelajaran yang ada di sekolah tidak pernah dimanfaatkan sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Dengan demikian hasil belajar geografi peserta didik perlu ditingkatkan melalui penerapan pendekatan scientific dengan media gambar. Pendekatan scientific adalah sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang berbasis ilmiah. Media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menterjemahkan simbol verbal dan menjelaskan konsep yang konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IIS-5 SMAN 7 Malang Semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer dengan menerapkan pendekatan scientific dengan media gambar. Penelitian ini dirancang menggunakan PTK (Classroom Action Research) model Kemmis dan Taggard. Tahap penelitian tindakan kelas adalah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dengan menggunakan gain score untuk melihat penignkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar geografi peserta didik yakni 75 3 dengan ketuntasan klasikan 77 3%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar geografi peserta didik yakni 90 1 dengan ketuntasan klasikal 95 5%. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka disarankan kepada guru geografi dalam pembelajaran menerapkan pendekatan scientific dengan media gambar dalam usaha meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53340

Actions (login required)

View Item View Item