Peranan orang tua dalam penerapan karakter kepemimpinan pada anak (studi kasus pada orang tua yang berprofesi sebagai guru) / Avina Zifri Avianti

Avianti, Avina Zifri (2018) Peranan orang tua dalam penerapan karakter kepemimpinan pada anak (studi kasus pada orang tua yang berprofesi sebagai guru) / Avina Zifri Avianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Avianti, Avina Zifri. 2018. Peranan Orang Tua Dalam Penerapan Karakter Kepemimpinan pada Anak (Studi Kasus pada Orangtua yang Berprofesi Sebagai Guru). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Umi Dayati, M. Pd, (2) Dr. Hardika, M. Pd Kata kunci: Peranan Orang Tua, Karakter Kepemimpinan, Strategi Pendidikan karakter merupakan pendidikan seumur hidup, sebagai proses pembentukan dan perkembangan ke arah manusia yang sempurna. Periode paling sensitif menentukan karakter anak adalah pendidikan keluarga yang menjadi tanggung jawab orang tua. Karakter adalah perilaku yang tampak dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bersikap maupun bertindak. Membangun karakter anak sejak dini, sangat penting bagi orang tua, harapannya agar anak sejak dini memiliki karakter yang baik salah satunya adalah karakter kepemimpian. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan peranan yang dilakukan orangtua dalam menerapkan karakter kepemimpinan pada anak (2) Mendeskripsikan strategi penerapkan karakter kepemimpinan pada anak (3) Mendeskripsikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan karakter kepemimpinan pada anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dalam bentuk studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Proses analisis data digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Peranan yang dilakukan orangtua dalam menerapkan karakter kepemimpinan pada anak adalah: (a) Peran sebagai pendidik; (b) peran sebagai panutan; (c) peran sebagai teman; (2) Strategi dalam penerapkan karakter kepemimpinan pada anak: (a) mendidik melalui pembiasaan dan keteladanan, contohnya adalah dengan orangtua selalu membiasakan anak untuk bertanggung jawab akan hal-hal yang dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari; (b)mendidik melalui perhatian dan kasih sayang yang mana dalam menanamkan karakter kepemimpinan tidak luput dari mmeberi perhatian dan kasih sayang untuk anak; (c) mendidik melalui pemberian penghargaan dan hukuman dalam penanaman karakter kepemimpinan anak dapat memotivasi semangat serta menumbuhkan jiwa kompetitif anak; (3) hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan karakter kepemimpinan pada anak: (a) memperhatikan tugas dan kewajiban orangtua sebagai agenda nomor satu; (b) jadikan sosok orang tua sebagai contoh yang baik; (c) memberikan hukuman dengan kasih sayang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada: (1) orangtua agar dapat menularkan pengalaman dalam menumbuhkan karakter kepemimpinan anak kepada orangtua lain disekitarnya; (2) Jurusan PLS, agar hasil peneltian ini menjadi referensi bagi pengembangan aneka pengelolaan pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item