Analisis data sekundewr dalam perencanaan pendidikan tingkat SLTP Kabupaten Malang 2015/2040 / Riskananda Adekanti Atmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis data sekundewr dalam perencanaan pendidikan tingkat SLTP Kabupaten Malang 2015/2040 / Riskananda Adekanti Atmoko

Atmoko, Riskananda Adekanti (2015) Analisis data sekundewr dalam perencanaan pendidikan tingkat SLTP Kabupaten Malang 2015/2040 / Riskananda Adekanti Atmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atmoko Riskananda Adekanti. 2015. Analisis Data Skunder Dalam Perencanaan Pendidikan Tingkat SLTP Kabupaten Malang 2015-2040. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budijanto M.Sos (2) Drs. M.Yusuf Idris Kata kunci Perencanaan Pendidikan Pendidikan memiliki tugas yang penting dalam kehidupan yakni menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan suatu bangsa. Berbagai upaya pemerintah dalam pembaharuan pendidikan terus dilakukan. Mulai dari wajib belajar enam tahun dan sampai saat ini wajib belajar duabelas tahun. Dengan adanya perbaharuaan juga diikuti dengan berbagai masalah pendidikan berkaitan pemerataan kesempatan belajar yang sama. Masalah pemerataan juga terjadi di Kabupaten Malang yang terkenal dengan Kota Pendidikan. Sebesar 20 21 persen usia 13-15 tidak bersekolah pada jenjang SLTP Sehingga perlu perencanaan untuk kedapan tentang jumlah sekolah yang ada saat ini dengan prediksi pertambahan penduduk di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Jumlah anak usia sekolah tingkat SLTP pada tahun 2015- 2040. (2) Jumlah guru SLTP yang pensiun antara tahun 2015-2040. (3) Jumlah guru yang dibutuhkan untuk sekolah tingkat SLTP pada tahun 2015-2040. (4) Jumlah kebutuhan gedung sekolah SLTP pada tahun 2015-2040. Metode Penelitian di gunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian seluruh SMP/MTS di wilayah Kabupaten Malang yang terdiri dari 33 Kecamatan. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Hasil analisis disajikandalam bentuk angka-angka kemudian dijelaskan dan diinterpetasikan dalam suatu uraian. Hasil penelitian di peroleh bahwa (1) Jumlah anak usia sekolah 2015-2035 akan mengalami peningkatan dan mulai turun tahun 2040 namun pada asumsi tetap tidak mengalami penurunan. (2) Jumlah guru yang pensiun mulai 2015 cukup besar namun jumlah pensiun terbesar di perkirakan pada tahun 2035 berdasarkan pada usia guru. (3) Jumlah kebutuhan guru status PNS dari tahun 2015-2040 akan terus kekurangan namun jumlah guru GTT cukup banyak untuk menutupi kekurangan. (4) Kebutuhan gedung sekolah SLTP di Kabupaten Malang masih mengalami kelebihan banyak sekolah yang memiliki siswa kurang dari 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian adapun rekomendasi yang bisa dijadikan pertimbangan (1) Jumlah anak usia sekolah SLTP terus bertambah mengupayakan agar semua dapat terus bersekolah dengan terus melakukan evaluasi. (2) Jumlah guru yang akan pensiun dapat di antisipasi dengan pendataan setiap tahun dengan baik. (3) Jumlah kekurangan kebutuhan guru SLTP dapat di penuhi oleh guru GTT yang harus di tekankan adalah kesejahteraan guru tidak tetap. (4) Jumlah Gedung SLTP perlu pengadaan regrouping pada sekolah beberapa sekolah yang memiliki jumlah siswa sedikit dan jarak yang memungkinkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53338

Actions (login required)

View Item View Item