Kholifah, Nur (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan facebook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MAN 3 Malang / Nur Khilofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kholifah Nur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Facebook UntukMeningkatkanMotivasi Dan HasilBelajarGeografiKelas X MAN 3 Malang.Skripsi JurusanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd(II) Drs. MarhadiSlametKristiyanto M.Si Kata Kunci Model PBL Facebook MotivasiBelajar HasilBelajar Berdasarkanpengamatan di kelas X IPS 2 58% siswatidakmemperhatikanpenjelasan guru. Merekamengalihkanperhatiandenganmengobroldengantemansebangkudan 25% merekaaktifberbicara aktifbergeraksehinggakelasmenjadigaduh. Berdasarkanpenyebaranangket di kelas X IPS 2 menunjukkanbahwa53.4% motivasisiswarendah. Sedangkanhasilbelajarberdasarkannilai PPL sekitar 51.6% siswabelumtuntasdalambelajar. Rancangandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) denganmenggunakan model Kemmis Mc Taggart.Penelitiantindakankelasterdiridari 4 tahapyaitu perencanaantindakan pelaksanaantindakan pengamatantindakan danrefleksi. Instrumenpenelitianinimenggunakankuesioner observasidansoaltesuntukmengumpulkan data.Teknikanalisisdata denganmenggunakananalisisdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaran PBL berbantuanfacebookmengalamipeningkatanmotivasibelajarsebesar 89 33% dengankualifikasisangattinggi. Sedangkanpembelajaran di facebookdarisiklus I kesiklus II mengalamipeningkatansebesar96 77% dengankualifikasisangattinggisedangkanhasilbelajarmengalamipeningkatansebesar 100%.Kesimpulandarihasilpenelitianmenunjukkanbahwa model pembelajaranPBLberbantuanfacebookdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelas X IPS 2 MAN 3 Malang. Kesulitan yang dialamipenelitidalammelakukan proses penelitianyaitukesulitanmengajaksiswauntukmelakukanpembelajaran online di facebook sulitmencariwaktu agar seluruhsiswadapat online secarabersama-sama sulitdalammengkondisikansiswa yang gaduh mengaturwaktuketikamelakukankegiatanpembelajaran. Penelitijugakesulitandalampengolahan data karenabanyaknya data yang digunakan. Penelitimemberisaran bagipenelitiselanjutnya jikainginmelanjutkanpenelitianinimakapenelitiharusmemilikikemampuandalammengenalikarakteristiksiswa karakteristikmateridankondisisekolahsehinggadengantepatmenerapkan model pembelajaran PBL berbantuanfacebookdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53336 |
Actions (login required)
View Item |