Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan facebook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MAN 3 Malang / Nur Khilofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan facebook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MAN 3 Malang / Nur Khilofah

Kholifah, Nur (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan facebook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MAN 3 Malang / Nur Khilofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kholifah Nur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Facebook UntukMeningkatkanMotivasi Dan HasilBelajarGeografiKelas X MAN 3 Malang.Skripsi JurusanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd(II) Drs. MarhadiSlametKristiyanto M.Si Kata Kunci Model PBL Facebook MotivasiBelajar HasilBelajar Berdasarkanpengamatan di kelas X IPS 2 58% siswatidakmemperhatikanpenjelasan guru. Merekamengalihkanperhatiandenganmengobroldengantemansebangkudan 25% merekaaktifberbicara aktifbergeraksehinggakelasmenjadigaduh. Berdasarkanpenyebaranangket di kelas X IPS 2 menunjukkanbahwa53.4% motivasisiswarendah. Sedangkanhasilbelajarberdasarkannilai PPL sekitar 51.6% siswabelumtuntasdalambelajar. Rancangandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) denganmenggunakan model Kemmis Mc Taggart.Penelitiantindakankelasterdiridari 4 tahapyaitu perencanaantindakan pelaksanaantindakan pengamatantindakan danrefleksi. Instrumenpenelitianinimenggunakankuesioner observasidansoaltesuntukmengumpulkan data.Teknikanalisisdata denganmenggunakananalisisdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaran PBL berbantuanfacebookmengalamipeningkatanmotivasibelajarsebesar 89 33% dengankualifikasisangattinggi. Sedangkanpembelajaran di facebookdarisiklus I kesiklus II mengalamipeningkatansebesar96 77% dengankualifikasisangattinggisedangkanhasilbelajarmengalamipeningkatansebesar 100%.Kesimpulandarihasilpenelitianmenunjukkanbahwa model pembelajaranPBLberbantuanfacebookdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelas X IPS 2 MAN 3 Malang. Kesulitan yang dialamipenelitidalammelakukan proses penelitianyaitukesulitanmengajaksiswauntukmelakukanpembelajaran online di facebook sulitmencariwaktu agar seluruhsiswadapat online secarabersama-sama sulitdalammengkondisikansiswa yang gaduh mengaturwaktuketikamelakukankegiatanpembelajaran. Penelitijugakesulitandalampengolahan data karenabanyaknya data yang digunakan. Penelitimemberisaran bagipenelitiselanjutnya jikainginmelanjutkanpenelitianinimakapenelitiharusmemilikikemampuandalammengenalikarakteristiksiswa karakteristikmateridankondisisekolahsehinggadengantepatmenerapkan model pembelajaran PBL berbantuanfacebookdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53336

Actions (login required)

View Item View Item