Indriani, Puri (2015) Hubungan tingkat partisipasi orang tua dengan kualitas pendidikan anak di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang / Puri Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indriani Puri. 2015. Hubungan Tingkat Partisipasi Orang Tua dengan Kualitas Pendidikan Anak di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Satti Wagistina S.P M.Si. Kata Kunci tingkat partisipasi kualitas pendidikan anak Pendidikan merupakan salah satu jalan peningkatan kualitas pendidikan anak. Kualitas pendidikan yang dimaksud pada penelitian ini dilihat dari prestasi akademik anak. Kualitas pendidikan anak perlu ditingkatkan karena dengan kualitas pendidikan anak yang baik maka anak memiliki pengetahuan yang luas. Anak yang memiliki kualitas pendidikan baik akan mampu bersaing pada era globalisasi seperti sekarang ini. Kemajuan suatu bangsa dimasa akan datang sangatlah bergantung pada kualitas pendidikan generasi muda saat ini karena pemuda adalah ujung tombak dari kesuksesan suatu negara. Pemerintah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak di Indonesia. Namun usaha pemerintah tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak ada partisipasi orang tua. Partisipasi orang tua dipandang sangat penting dalam mensukseskan kualitas pendidikan anak. Dalam penelitian ini wujud partisipasi orang tua berupa partisipasi buah pikir atau pendapat partisipasi tenaga dan partisipasi materi atau uang. Tingkat partisipasi orang tua dalam pendidikan anak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan kondisi ekonomi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang 2) hubungan tingkat partisipasi orang tua dengan kualitas pendidikan anak di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Variabel dalam penelitian ini meliputi 1) kualitas pendidikan anak 2) tingkat partisipasi orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan tabulasi tunggal dan chi-square. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) tingkat partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang tergolong rendah 2) ada hubungan antara tingkat partisipasi orang tua dengan kualitas pendidikan anak di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Semakin tinggi tingkat partisipasi orang tua maka kualitas pendidikan anak akan semakin baik pula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53316 |
Actions (login required)
View Item |