Anggraini, Risya Dewi (2015) Pengembangan komik sebagai suplemen mata pelajaran geografi pada materi vulkanisme untuk siswa kelas X SMA / Risya Dewi Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggraini Risya Dewi. 2015. Pengembangan Komik Sebagai Suplemen Mata Pelajaran Geografi Pada Materi Vulkanisme untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Soelistijo M.Si (II) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si Kata Kunci Komik Suplemen Vulkanisme Setiap mata pelajaran membutuhkan buku teks sebagai pegangan. Begitu pula dengan mata pelajaran Geografi. Siswa tidak hanya membutuhkan buku yang berisi mengenai materi pelajaran namun juga memerlukan informasi yang terkini untuk dipelajari. Salah satu materi yang dipelajari pada kelas X SMA adalah materi vulkanisme. Materi vulkanisme akan lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa dengan divisualisasikan ke dalam bentuk gambar. Buku suplemen berupa komik bisa menjadi salah satu inovasi baru agar materi vulkanisme disajikan secara menarik dan mudah diapahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai suplemen dari buku teks pelajaran pada materi Vulkanisme kelas X SMA Penelitian pengembangan inimengadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahap. Pada penelitian ini peneliti tidak menjalankan keseluruhan prosedur melainkan hanya sampai pada tahap ke 5. Tahapan-tahapan tersebut adalah analisis desain buku suplemen validasi produk revisi dan uji coba lapangan. Validasi ahli dilakukan untuk mengukur tingkat kevalidan komik yang telah dikembangkan. Validator ahli terdiri atas ahli media ahli materi dan ahli bahasa. Revisi dilakukan berdasarkan rekomendasi dari para ahli hingga memenuhi kriteria valid. Setelah produk dinyatakan valid dilakukan uji coba lapangan pada 20 siswa kelas X IIS 1 SMA Brawijaya Smart School. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media ahli materi dan ahli bahasa produk dinyatakan valid dengan perbaikan atau revisi. Rekomendasi perbaikan dari ahli media meliputi cover visualisasi pewarnaan dan ilustrasi. Rekomendasi perbaikan dari ahli materi meliputi penulisan istilah penggunaan istilah penulisan nama dan terdapat kesalahan materi. Rekomendasi perbaikan dari ahli bahasa meliputi jenis kalimat struktur kalimat dan dialog antartokoh. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan pada siswa berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik dan saran meliputi ilustrasi kurang rapi karakter kaku bahasa yang digunakan terlalu rumit dan komik lebih menarik jika full colour. Data kuantitatif yang didapatkan berupa skor rata-rata 81 25% dan termasuk dalam kategori valid. Saran pemanfaatan bagi siswa dan guru yakni komik ini hanya sebagai tambahan sehingga siswa masih memerlukan buku teks pelajaransebagai sumber utama. Saran diseminasi apabila komik diproduksi untuk kalangan luas dapat menghubungi pengembang melalui e-mail. Saran untuk pengembang produk lebih lanjut antara lain perlu adanya penelitian tindakan kelas atau eksperimen untuk mengukur efektivitas penggunaan komik memperbanyak uji coba lapangan agar hasil produk lebih baik mengembangkan komik pada materi geografi yang lain dengan waktu yang lebih lama serta bila diperlukan tidak hanya membuat komik cetak tetapi juga dalam bentuk digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53311 |
Actions (login required)
View Item |