Penerapan pendekatan scientific menggunakan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik pada Paket C PKBM Daya semesta Mojokerto smester II 2014/2015 / Ika Prianjani Budi Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan scientific menggunakan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik pada Paket C PKBM Daya semesta Mojokerto smester II 2014/2015 / Ika Prianjani Budi Mukti

Mukti, Ika Prianjani Budi (2015) Penerapan pendekatan scientific menggunakan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik pada Paket C PKBM Daya semesta Mojokerto smester II 2014/2015 / Ika Prianjani Budi Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prianjani Ika Budi Mukti. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific Menggunakan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi pada Paket C PKBM Daya Semesta Mojokerto Semester II 2014/2015. Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geogrfai FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mustofa M.Pd (II) Drs. Budi Handoyo M. Si Kata Kunci Pendekatan Scientific Hasil Belajar. Pemahaman materi yang kurang pada peserta didik kelas X Paket C PKBM Daya Semesta Mojokerto mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif Pendekatan pembelajaran yang cocok bagi peserta didik yaitu Pendekatan Scientific. Melalui media video dirancang suasana pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan sehingga dapat membantu mencapai ketuntasan belajar dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang usianya rata rata sudah tidak muda lagi atau di atas batas usia wajib peserta didik SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Geografi peserta didik melaui penerapan Pendekatan Scientific menggunakan media Video pada materi kelas X Paket C PKBM Daya Semesta Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) merupakan bagian penelitian tindakan (action research). Tahap penelitian tindakan kelas adalah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada materi Hidrosfer sub bab Perairan Darat pada siklus I dan sub bab Perairan Laut pada siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil belajar peserta didik diukur melalui tes pada setiap akhir siklus. Observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan Pendekatan yang digunakan serta sebagai refleksi perbaikan pada siklus berikutnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar peserta didik pra tindakan sebesar 58 2 peserta didik tuntas hanya berjumlah 7 orang dari 20 peserta didik. Hasil tes siklus I mengalami peningkatan menjadi 63 9 peserta didik yang tuntas hasil belajarnya menjadi 13 orang. Pada siklus II menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I. Rata rata hasil belajar peserta didik secara klasikal siklus I 63 9 dan meningkat pada siklus II menjadi 80 2 sehingga peserta didik yang tuntas belajarnya menjadi 18 orang dari 20 peserta didik. Setelah peneliti melakukan penelitian ini adapun saran yang disampaikan oleh penulis yaitu diharapkan guru untuk memperhatikan waktu ketika mengajar menggunakan Pendekatan Scientific dengan media video guru diharapkan lebih aktif untuk melatih peserta didik dalam mencari dan memecahkan masalah yang sesuai dengan konsep materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53301

Actions (login required)

View Item View Item