Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMAN 6 Malang / Riana Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMAN 6 Malang / Riana Puji Lestari

Lestari, Riana Puji (2015) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa SMAN 6 Malang / Riana Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Riana Puji. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Sikap Peduli Lingkungan 12288 12288 12288 12288 Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran berorientasi pada siswa dengan menggunakan pendekatan ilmiah. PBL dipilih untuk memudahkan mengatasi ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar dan membantu perkembangan sikap siswa berdasarkan kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah dalam model pembelajaran dapat mempengaruhi tipe kualitas interaksi serta perilaku siswa yang berdampak pada berkembangnya sikap peduli lingkungan siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Kompetensi Dasar Mengevaluasi Tindakan yang Tepat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan yang Berkelanjutan pada siswa kelas XI Program Ilmu-Ilmu Sosial SMA Negeri 6 Malang Semester Genap 2014/2015. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang termasuk rancangan penelitian kuantitatif . Subjek penelitian berjumlah 58 orang siswa dengan rincian 29 siswa kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dan 29 siswa kelas XI IIS 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket peduli lingkungan. Teknik analisis data menggunakan Uji t untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan sikap peduli lingkungan berdasarkan hasil analisis uji t terdapat sikap peduli lingkungan siswa dengan hasil Sig. (2-tailed) adalah 0.002. Dari hasil yang diperoleh tersebut nilai probabilitasnya 0.05 dan mean hasil skor sikap peduli lingkungan siswa kelas eksperimen ( 98 1) dari mean dari kelas kontrol (91 5) dengan kata lain H0 ditolak. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI SMA Negeri .6 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut pada subjek dan tempat penelitian yang berbeda untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53299

Actions (login required)

View Item View Item