Konstruksi perilaku siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun / Bella Amanda Ardanita

Ardanita, Bella Amanda (2015) Konstruksi perilaku siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun / Bella Amanda Ardanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardanita, Bella Amanda. 2015. Konstruksi Perilaku Siswa Terhadap Pelestarian Lingkungan di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. ACH. Fatchan, M.Pd, M.P (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si Kata Kunci : Konstruksi Perilaku, Pelestarian Lingkungan     SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun adalah salah satu sekolah yang telah menyandang sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional Mandiri. Hal ini tidak lepas dari peran dan partisipatif warga sekolah khususnya siswa dalam membangun sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Berdasarkan bentuk-bentuk kegiatan partisipasi siswa terkait dengan aktivitas lingkungan hidup, diketahui bahwa siswa di SMA Negeri 1 Geger memiliki perilaku yang telah menjadi kebiasaan mereka terkait pelestarian lingkungan yang tidak dilakukan siswa di sekolah lain. Hal tersebut menunjukkan keunikan perilaku siswa kaitannya dengan aktivitas pelestarian lingkungan. Perilaku semacam ini tampak mengandung banyak makna, oleh karena itu diperlukan pemahaman secara interpretatif untuk mengungkap makna dibalik tindakan yang dilakukan siswa dengan mengetahui penyebab (because motives) dan tujuan yang ingin dicapai (in order to motives) siswa melakukan tindakan pelestarian lingkungan tersebut.     Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruksi Alfred Schutz. Data tentang penyebab dan tujuan siswa melakukan pelestarian lingkungan digali dengan mewawancarai secara mendalam dan observasi secara langsung. Subyek penelitian ini adalah siswa siswi di SMA Negeri 1 Geger yang terlibat langsung dalam pelestarian lingkungan. Data yang diperoleh berupa pernyataan atau statement siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif menurut Creswell.     Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tindakan pelestarian lingkungan yang dilakukan siswa disebabkan oleh faktor intern dan faktor ekstern, sedangkan tujuan siswa adalah untuk mendapatkan manfaat dari tindakannya melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Makna dibalik perilaku siswa melakukan pelestarian lingkungan tersebut adalah sifat dasar alami seorang remaja yakni faktor kebebasan dalam setiap tindakannya dan ketertarikan pribadi pada hal-hal tertentu yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan pelestarian lingkungan, serta dengan tujuan mendapatkan manfaat dari tindakan yang dilakukan tersebut. Dari hasil penelitian ini disarankan: 1) hendaknya sekolah memiliki peraturan-peraturan yang tegas mengenai kegiatan pelestarian lingkungan, 2) hendaknya sekolah segera melengkapi alat maupun sarana prasarana yang terkait dengan kegiatan pelestarian lingkungan agar siswa juga lebih terdorong dan tertarik untuk melakukan kegiatan pelestarian lingkungan, 3) beberapa kegiatan yang terkait dengan pelestarian lingkungan yang tahun sebelumnya dilaksanakan tetapi pada tahun ini tidak dilakukan, hendaknya segera untuk ditata dan digerakkan kembali

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53296

Actions (login required)

View Item View Item