Kontribusi pendapatan pedagang kaki lima terhadap pendapatan keluarga di Kota Malang / Nur Wakhid Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pendapatan pedagang kaki lima terhadap pendapatan keluarga di Kota Malang / Nur Wakhid Hidayat

Hidayat, Nur Wakhid (2015) Kontribusi pendapatan pedagang kaki lima terhadap pendapatan keluarga di Kota Malang / Nur Wakhid Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wakhid Hidayat Nur. 2014. Kontribusi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Terhadap Pendapatan Keluarga di Kota Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budijanto M.Sos. (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata kunci Pedagang Kaki Lima Karakteristik sosial karakteristik ekonomi karakteristik demografi kontribusi pendapatan. Meningkatnya jumlah tenaga kerja yang tidak seimbang dengan sempitnya lapangan pekerjaan formal mengakibatkan bertambah besarnya angka pengangguran. Pertumbuhan sektor informal seperti pedagang kaki lima merupakan salah satu bentuk elastisitas masyarakat yang terjadi di kota besar seperti Kota Malang untuk memperoleh pendapatan sehingga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. PKL yang memiliki keluarga memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Hasil pendapatan yang mereka kontribusikan untuk memenuhik kebutuhan keluarga sangat bervariasi. Variasi itu tidak hanya disebabkan oleh faktor potensi daerah dimana mereka berjualan namun juga bisa dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi dan demografi PKL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa jumlah kontibusi yang diberikan PKL untuk keluarga mendeskripsikan karakteristik sosial ekonomi demografi PKL dan bagaimanakah pengaruh kondisi sosial ekonomi dan demografi terhadap jumlah kontribusi yang diberikan terhadap keluarga PKL. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang kaki lima di Kota Malang. Penentuan wilayah penelitian menggunakan teknik area sampling dan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tabulasi tunggal dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKL yang ada di Kota Malang didominasi oleh umur 40-59 tahun berstatus menikah tingkat pendidikan rata-rata SMP dan beban tanggungan sebanyak 3 anggota keluarga. Pendapatan tertinggi di peroleh oleh PKL dengan jenis barang dagangan bahan mentah makanan. Kontribusi pendapatan PKL di Kota Malang sangat bervariasi jumlah kontribusi terbesar yaitu 8805 75%. Besaran kontribusi juga bisa disebabkan beberapa faktor yang diantaranya pengaruh kondisi sosial ekonomi dan demografi PKL. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar pendapatan PKL dikontribusikan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Jumlah kontribusi yang diberikan juga dapat dipengaruhi oleh beban tanggungan dan anggota keluarga yang ikut bekerja. Dengan demikian diharapkan dalam usaha kerjanya PKL harus bekerja sama dengan anggota keluarga yang lain untuk ikut berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53282

Actions (login required)

View Item View Item