Firmantara, Bayu (2015) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Malang / Bayu Firmantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Firmantara Bayu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 Man 1Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hendri Purwito M.Si (2) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. Kata Kunci model Pembelajaran Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di MAN 1 MALANG diketahui bahwa kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi dapat dikatakan cenderung rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran ceramah yang cenderung memaksa siswa untuk menghafal materi. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matapelajaran Geografi siswa di kelas XI IPS 1 MAN 1 MALANG. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 juga terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 36 orang. Data dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen yang diberikan yaitu lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 MAN 1 MALANG. Rata- rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa siklus I adalah 49 85. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87 19. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian sejenis di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |