Kepemimpinan kepala PAUD dalam pengorganisasian pendidik (studi kasus di KB-TK Taman Indria 2 Malang) / Lisabela Alin Reskita - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala PAUD dalam pengorganisasian pendidik (studi kasus di KB-TK Taman Indria 2 Malang) / Lisabela Alin Reskita

Reskita, Lisabela Alin (2018) Kepemimpinan kepala PAUD dalam pengorganisasian pendidik (studi kasus di KB-TK Taman Indria 2 Malang) / Lisabela Alin Reskita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Reskita Lisabela Alin. 2017. Kepemimpinan Kepala PAUD dalam Pengorganisasian Pendidik (Studi Kasus di KB-TK Taman Indria 2 Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Rasyad M.Pd (II) Dr. Umi Dayati M.Pd. Kata Kunci kepemimpinan kepala PAUD pengorganisasian pendidik Manajemen pendidikan dilakukan oleh pemimpin untuk mengendalikan sumber daya lembaga pendidikan agar menjadi satu kesatuan menuju perbaikan mutu. Usaha yang dilakukan oleh lembaga tergantung pada kepala sekolah selaku pemimpin lembaga PAUD dalam memanajemen sumber daya. Perilaku yang dilakukan oleh kepala sekolah akan berdampak pada kinerja sumber daya manusia dalam lembaga sehingga kepala sekolah hendaknya mampu berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang ada lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah dua pendidik satu tenaga kependidikan dua walimurid serta kepala PAUD di KB-TK Taman Indria 2 Malang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data melalui observasi wawancara serta studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengorganisasian pendidik meliputi (1) sikap antusias mengikutsertakan pendidik dalam kegiatan seminar dan pelatihan (2) merespon cepat berbagai hal yang terjadi di dalam lembaga (3) mampu memberikan apresiasi prestasi yang telah pendidik raih (4) telah mampu mengorganisasikan seluruh pendidik beserta tugas sesuai keahliannya masing-masing (5) mampu menginternalisasi nilai dengan cara menunjukkan perilaku yang sesuai dengan norma yang berlaku di lingkungan lembaga Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran yaitu Kepala PAUD diharapkan mampu lebih mengapresiasi kinerja para pendidik dengan baik sehingga dapat memotivasi pendidik untuk terus meningkatkan prestasi demi kemajuan lembaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item