Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI semester genap Madrasah Aliyah (MA) Al Hayatul Islamiyah Malang / Dimas Eka Arif P.

Arif P., Dimas Eka (2014) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI semester genap Madrasah Aliyah (MA) Al Hayatul Islamiyah Malang / Dimas Eka Arif P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arif P, Dimas Eka. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI Semester Genap MA Al Hayatul Islamiyah Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Purwanto, S. Pd, M. Si. Kata Kunci: model pembelajaran NHT, minat belajar, pemahaman konsep     Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukan berbagai kelemahan, salah satunya ialah penggunaan model pembelajaran yang tidak menarik siswa. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 21 Januari 2014 di MA Al Hayatul Islamiyah Kedung Kandang Malang pada kelas XI IPS diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru, sedang siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan kurang aktif dalam diskusi menunjukkan minat belajar siswa rendah. Hal tersebut juga berdampak pada pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep belajar geografi siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)     Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS berjumlah 16 siswa semester genap MA Al Hayatul Islamiyah Malang Tahun Pejalaran 2013/1014. Pengumpulan data minat belajar diambil dari hasil angket pada siklus I da II. Pengumpulan data pemahaman konsep belajar siswa diambil dari hasil tes pada akhir siklus I dan II. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu dengan cara membandingkan rata-rata minat dan pemahaman konsep belajar siswa siklus I dan siklus II dengan menggunakan tabel dan grafik.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered heads Togheter (NHT) dapat meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data minat belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa mengalami peningkatan dari dari siklus I 51,19% menjadi 89,25% pada siklus II. Hasil analisis data hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 13,04% dari siklus I, Pada siklus satu rata-rata nilai Kemampuan memahami konsep siswa sebesar 69 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 78 dengan kualifikasi tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53268

Actions (login required)

View Item View Item