Pemetaan kerawanan longsor di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun / Wilda Aulia Fathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kerawanan longsor di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun / Wilda Aulia Fathoni

Fathoni, Wilda Aulia (2014) Pemetaan kerawanan longsor di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun / Wilda Aulia Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fathoni Wilda Aulia.2014. Pemetaan Kerawanan Longsor di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. (II) Drs. J.P Buranda M.Si Kata kunci pemetaan tingkat kerawanan longsor faktor dominan longsor Kecamatan Kare merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Madiun yang rawan terjadi longsor. Wilayah ini berupa daerah pegunungan yakni berada di lereng Gunung Wilis. Pada musim penghujan sebagian besar wilayah ini terancam tanah longsor karena tingginya curah hujan.Secara geologis Kecamatan Kare terletak di daerah Endapan Breksi vulkanik dan Pasir hasil letusan Gunung Wilis yang terbentuk pada zaman Kuarter Tua. Sebagian besar Endapan Breksi sudah mengalami pelapukan dan menjadi tanah tebal sedangkan sebagian masih berupa batuan dasar sehingga membuat lapisan tanah permukaan berupa lempung kelanauan. Permasalahan lokasi rawan longsor pada Kecamatan Kare hingga saat ini belum teridentifikasi dan belum terpetakan. Akibatnya belum ada penanganan yang tepat untuk mengatasi bahaya longsor tanah karena penanganan setiap tipe longsor berbeda satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kerawanan longsor daerah penelitian serta faktor yang mempengaruhi kerawanan longsor.Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Berdasarkan jenisnya penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian dispesifikan pada daerah yang berpotensi rawan longsor di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Identifikasi daerah rawan longsor diamati berdasarkan beberapa variabel yaitu kemiringan lereng pemusatan mata air tingkat pelapukan tanah kerapatan kekar kedalaman pelapukan struktur lapisan batuan permebilitas tanah indeks plastisitas tekstur tanah penggalian tebing dan vegetasi penutup. Hasil penelitian menunjukkan daerah penelitian mempunyai tingkat kerawanan bahaya longsor terbagi menjadi 3 kriteria yaitu rendah sedang dan tinggi. Hasil pengolahan serta analisis data menunjukkan bahwa pada daerah penelitian didominasi kriteria tingkat kerawanan bahaya longsor sedang dengan luas 9.626 07 Ha pada satuan lahan kebun tegalan dan sawah. Kerawanan rendah dengan luas 7.608 00 Ha pada satuan lahan hutan. Serta kerawanan tinggi dengan luas 736 93 Ha pada satuan lahan pemukiman. Kedalaman pelapukan dan penggalian tebing merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat kerawanan longsor Kecamatan Kare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53266

Actions (login required)

View Item View Item