Pengaruh scientific approach terhadap keterampilan geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Aimatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh scientific approach terhadap keterampilan geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Aimatus Sholihah

Sholihah, Aimatus (2014) Pengaruh scientific approach terhadap keterampilan geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Aimatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholihah Aimatus.2014. Pengaruh Scientific Approach terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Budi Handoyo M.Si (2) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Scientific Approach Keterampilan Geografi 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Geografi menekankan aspek hafalan-hafalan tempat ruang penduduk dan interaksinya selain itu menyiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan cakap berpikir dalam pemecahan masalah (skills) dan memiliki sikap dan nilai-nilai positif (attitudes and values). Salah satu permasalahan yang ada pada saat ini yaitu rendahnya keterampilan geografi. Keterampilan Geografi yang dimiliki siswa akan membantu menerapkan pengetahuan pemahaman serta menganalisis permasalahan. Scientific Approach salah satu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dan didalamnya mencakup komponen mengamati menanya mengasosiasi mencoba dan mengkomunikasikan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh scientific approach terhadap keterampilan geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) ini adalah pretest-postest control group design. Perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan scientific approach sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan metode ceramah dan diskusi. Data dikumpulkan dengan cara pretest dan postest. Analisis data dalam penellitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independent sampel). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0 000 0 05 sehingga H0 ditolak ini berarti ada pengaruh scientific approach terhadap keterampilan geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai gain score antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diperoleh masing-masing 14 43 dan 22 27. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan geografi siswa antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen. Namun dalam pelaksanaannya harus diperhatikan hal-hal yang penting setiap tahapan scientific approach dan perlu adanya pengelolaan waktu yang baik agar scientific approach dapat terlaksana dengan baik. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53264

Actions (login required)

View Item View Item