Perbandingan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang / Ni'matur Rosifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang / Ni'matur Rosifa

Rosifa, Ni'matur (2014) Perbandingan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang / Ni'matur Rosifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosifa Ni matur. 2014. Perbandingan Pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) dan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata kunci berpikir kreatif pendekatan science environment technology society (sets) pendekatan scientific. 12288 12288 12288 Kreativitas dapat dipupuk melalui kondisi yang kondusif agar kemampuan berpikir kreatif siswa berkembang. Kondisi di dalam kelas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif biasanya dengan menerapkan berbagai strategi pendekatan metode ataupun model yang menuntut siswa aktif dalam pembelajaran. Siswa kelas X IPS di SMA Negeri 10 Malang memiliki kemampuan akademis yang tinggi namun kemampuan kreativitas yang dimiliki masih belum merata. Hal ini dikarenakan kurangnya pengaplikasian materi pembelajaran ke dalam praktek lapangan sehingga lingkungan untuk pengembangan kreativitas siswa kurang kondusif. Oleh karena itu penggunaan pendekatan dalam pembelajaran sangat membantu dalam membangun kondisi yang kondusif untuk mengembangkan kreativitas sebagai contoh dengan menggunakan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) dan Scientific. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment) dengan mengambil subjek dua kelas yaitu kelas X IPS 5 menggunakan pendekatan SETS dan X IPS 4 menggunakan Scientific. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes essay untuk pre test dan post test. Analisis data deskritif nilai pre test post test dan gain score. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kreatif siswa pada kelas X IPS 5 dengan pendekatan SETS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas X IPS 4 dengan pendekatan Scientific. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test pada kelas X IPS 5 sebesar 43 8 lebih tinggi dari pada kelas X IPS 4 yaitu 39 6. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Malang yang menggunakan pendekatan SETS lebih tinggi dari pada menggunakan pendekatan Scientific sehingga pembelajaran menggunakan pendekatan SETS lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan menggunakan pendekatan Scientific. Oleh karena itu diharapkan guru mata pelajaran geografi dapat menerapkan pendekatan SETS maupun Scientific dalam kegiatan pembelajaran di sekolah agar lebih berkembang dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53257

Actions (login required)

View Item View Item