Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS MAN Malang I / Faizatul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS MAN Malang I / Faizatul Fitriyah

Fitriyah, Faizatul (2014) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS MAN Malang I / Faizatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriyah Faizatul. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI IPS MAN Malang I. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M. Pd (II) Drs. Johanis Paluin Buranda M. Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Hasil Belajar Two Stay Two Stray merupakan salah satu bentuk pembelajaran di mana siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari empat anggota yang mempunyai kemampuan akademis berbeda. Two Stay Two Stray menekankan pada pencarian dan pemberian informasi yang dilakukan antar anggota dalam kelompok maupun dengan kelompok lainnya. Siswa mendapat peran sebagai tamu atau penerima tamu sehingga masing-masing anggota/siswa dapat mengemukakan buah pikiran/ide serta mempertimbangkan informasi yang paling tepat dari hasil kerja dalam kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MAN Malang I tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dikembangkan dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Subjek penelitian ini kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik kedua kelas setara. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes esai yang terdiri dari lima soal. Data yang didapatkan dari penelitian ini terdiri dari kemampuan awal siswa (prates) kemampuan akhir siswa (pascates) dan hasil belajar siswa (gain score). Hasil belajar diperoleh dari selisih antara nilai pascates dan prates. Gain score selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t tidak berpasangan (Independent Samples Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (23 28) lebih tinggi dari kelas kontrol (9 11). Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai p .000 lebih kecil daripada 0.05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MAN Malang I tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi sekolah agar dapat menerapkan model Two Stay Two Stray untuk mata pelajaran lain yang materinya sesuai dengan model ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Bagi guru pengelolaan waktu dan kelas perlu direncanakan dengan baik agar langkah-langkah model ini terlaksana dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya pembelajaran model Two Stay Two Stray perlu digunakan beberapa kali untuk mengetahui keefektifannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53255

Actions (login required)

View Item View Item