Karakteristik demografi sosial ekonomi tenaga kerja industri tape di Kabupaten Bondowoso / Fitria Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik demografi sosial ekonomi tenaga kerja industri tape di Kabupaten Bondowoso / Fitria Rahmawati

Rahmawati, Fitria (2014) Karakteristik demografi sosial ekonomi tenaga kerja industri tape di Kabupaten Bondowoso / Fitria Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Fitria. 2014. Karakteristik Demografi Sosial Ekonomi Tenaga Kerja Industri Tape di Kabupaten Bondowoso. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si (II) Drs. Mustofa. M.Pd Kata Kunci karakteristik tenaga kerja industri Kabupaten Bondowoso terletak di bagian timur Propinsi Jawa Timur. Proporsi penggunaan lahan di Kabupaten Bondowoso paling banyak digunakan untuk tegalan. Sebagian besar tegalan dimanfaatkan untuk menanam ubi kayu. Hasil produksi ubi kayu yang melimpah dan berkualitas unggul digunakan sebagai bahan baku pada industri tape. Adanya industri tape menguntungkan bagi masyarakat karena mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun terdapat kendala yang cukup serius pada industri tape terkait dengan masalah eksternal dan internal. Faktor internal khususnya sumber daya manusia pun harus diperhatikan. Karena perkembangan industri tape Bondowoso juga dipengaruhi oleh kualitas tenaga kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik demografi sosial dan ekonomi tenaga kerja. Karakteristik yang ditemukan pada penelitian ini berguna untuk mensinergikan antara upaya pengembangan industri tape dengan perbaikan kualitas tenaga kerja di dalam industri. Penelitian ini dirancang dengan desain deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survey dengan sampel sebanyak 65 orang. Teknik pengambilan data adalah dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi yang dilengkapi dengan kuesioner. Hasil dari data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan tabulasi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik demografi tenaga kerja industri sebagian besar berjenis kelamin laki-laki dalam usia produktif berstatus menikah dan memiliki beban tanggungan dalam keluarganya sebanyak dua orang. Sementara itu karakteristik sosial tenaga kerja industri tape secara umum berpendidikan rendah dan bekerja di bawah tujuh jam per hari serta telah cukup lama bekerja pada industri tersebut. Karakteristik ekonomi sebagian besar menjadikan industri tape sebagai pekerjaan pokok. Penelitian ini menghasilkan tiga saran terkait dengan kondisi sosial ekonomi dan demografi yang telah diketahui karakteristiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53244

Actions (login required)

View Item View Item