Peran organisasi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan kemampuan diri mahasiswa / Putri Riza Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran organisasi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan kemampuan diri mahasiswa / Putri Riza Umami

Umami, Putri Riza (2018) Peran organisasi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan kemampuan diri mahasiswa / Putri Riza Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Umami Putri Riza. 2018. Peran Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Dalam Meningkatkan Kemampuan Diri Mahasiswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lasi Purwito M.S (II) Drs. Nurhadi M.Pd. Kata Kunci organisasi kemahasiswaan meningkatkan kemampuan diri mahasiswa. Organisasi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang merupakan organisasi yang mewadahi aktualisasi diri mahasiswa di lingkup Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Aktualisasi diri yang dimaksud adalah pemenuhan kebutuhan belajar yang tidak didapatkan di perkuliahan. Dalam proses pembelajaran yang terjadi di organisasi kemahasiswaan banyak pengalaman belajar yang dapat membentuk karakter mahasiswa dan mengasah kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa merupakan status yang perlu dipertanggungjawabkan karena status tersebut memiliki tingkat yang lebih tinggi daripada pelajar di tingkat siswa. Maka banyak tuntutan yang perlu dipenuhi atau keterampilan yang harus didapat serta diasah untuk menyiapkan kehidupan mahasiswa setelah kuliah seperti peningkatan pengetahuan keterampilan dan sikap. Tujuan dari penelitian ini (1)Mengungkap pendidikan di dalam Ormawa FIP UM yang dapat meningkatan kemampuan diri mahasiswa (2) Mengungkap kemampuan diri dalam bentuk soft skills yang diperoleh melauli ormawa FIP UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu (1) Reduksi data (2) Penyajian Data dan (3) Penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik yaitu wawancara observasi studi dokumentasi dan member checking. Adapun partisipan riset dalam penelitian merupakan anggota dari oganisasi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian (1) Dalam ormawa FIP UM menerapkan beberapa prinsip-prinsip ataupun konsep dasar pendidikan nonformal yaitu memandang pendidikan sebagai proses pembelajaran sepanjang hayat belajar sesuai kebutuhan dan membantu memenuhi kebutuhan belajar minimum yang esensial (2) Upgrading untuk menambah keterampilan anggota dilakukan dengan bentuk pelatihan yang diselenggarakan organisasi bentuk kegiatannya pelatihan kepemimpinan dalam organisasi pelatihan SPJ LPJ pelatihan desain grafis dan pelatihan dilakukakn sesuai kebutuhan anggota organisasi (3) Interaksi dengan sesame anggota organisasi organisasi lain Pembina senior organisasi dalam bentuk sharing pengetahuan dan pengalaman merupakan bentuk pembelajaran informal yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan diri mulai dari pengetahuan dan sikap (4) Soft skills yang dihasilkan ormawa FIP UM sejalan dengan soft skills yang harus dipenuhi tenaga pendidik pendidikan nonformal. Seperti pada bagian pelatih yang perlu mengetahui bagaimana komunikasi dan kepemimpinan yang perlu ditingkatkan serta kemampuan penyelenggaraan program pelatihan mulai dari identifikasi hingga evaluasi. Saran bagi Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan diharapkan dapat membuat kebijakan yang mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk mengikuti segala macam bentuk organisasi kemahasiswaan mengingat pentingnya mengikuti organisasi yang dapat mengasah keterampilan mahasiswa salah satunya melalui Ormawa FIP UM dan bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hendaknya membuat kebijakan yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti organisasi bahkan bisa dimasukkan ke dalam sks untuk penerapan teori-teori dalam kelas melalui organisasi sebab mengingat pentingnya sebuah keterampilan bagi mahasiswa yang nantinya akan menjadi penggiat PLS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item View Item