Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir analisis geografi siswa kelas X di MAN Malang I / Riska Zurmeini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir analisis geografi siswa kelas X di MAN Malang I / Riska Zurmeini

Zurmeini, Riska (2014) Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir analisis geografi siswa kelas X di MAN Malang I / Riska Zurmeini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zurmeini Riska.2014. Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas X MAN Malang . Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo M.Pd. M. Si (II) Satti Wagistina SP. M.Si. Kata kunci Think Pair Share Kemampuan Analisis 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Think pair share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dengan metode pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa karena pembelajaran kooperatif ini lebih banyak memberikan waktu untuk berpikir dan mendiskusikan hasil berpikirnya. Model think pair share memiliki kelebihan yaitu guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru dengan cara tersebut diharapkan kemampuan berpikir analisis siswa dapat terlatih karena masing-masing siswa berpikir dan mendiskusikan pada teman sepasangangnya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir analisis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu subjek penelitian adalah siswa kelas XH sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI sebagai kelompok kontrol.Namun sebelum memberikan perlakuan diberikan tes kemampuan analisis dari tes psikologi mengenai kemampuan analisis gunanya untuk mengetahui apakah kedua kelas tersebut memiliki kemampuan analisis yang sama. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis baik tes awal atau pun tes akhirnya. Untuk uji hipotesisi diberikan pada tes akhir yang dikembangkan dari indikator analisis setelah perlakuan model Think Pair Share. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap kemampuan analisis siswa kelas X MAN Malang 1. Hal tersebut didasarkan pada nilai akhir kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Perbedaan hasil yang diperoleh tersebut tidak terlepas dari sintak pembelajaran Think Pair Share yang menekankan kemampuan berpikir siswa. Tahap think memberikan kesempatan kepada siswa berupa waktu untuk berpikir secara individu hal ini dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk memusatkan pikiranya dalam menggali kemampuannya sendiri dalam memberikan alasan mengapa sebuah jawaban atau pendekatan suatu masalah adalah masuk akal mengenali fakor dan penyebabnya. Pair tahap ini menekankan pada aspek kerjasama antar siswa seperti pada indikator analisis untuk menyelesaikan masalah bersama atau menemukan solusi dalam kerjasama yaitu indikator menggunakan data yang mendukung untuk menjelaskan mengapa cara yang digunakan adalah benar. Tahap share akan memberikan ketergantungan positif karena ketika mempresentasikan didepan kelas siswa yang mendengarkan akan berusaha untuk memahami apa yang dipresentasikan temannya sehingga dapat memunculkan pendapat baru ataupun pertentangan. Hal tersebut sesuai dengan indikator analisis dapat melatih siswa untuk membuat dan mengevaluasi kesimpulan umum berdasarkan fenomena yang ada dan meramalkan atau menggambarkan kesimpulan dari informasi yang sesui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53205

Actions (login required)

View Item View Item