Hayati, Wahyu Islamul (2014) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN Malang 02 Kota Batu / Wahyu Islamul Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan Latar Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS MAN Malang 2 Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H S.Pd M.Pd (II) Dr. I Nyoman Ruja SU. Kata Kunci Prablem Based Learning (PBL) dengan latar Outdoor Study kemampuan berpikir analitis Kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran geografi masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir dalam pembelajaran geografi di Indonesia masih sebatas dalam aspek pengetahuan dan pemahaman. Pengembangan kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi perlu dikembangkan melalui pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang dan dilakukan dengan baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir analitis siswa yang mampu mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan. Pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis perlu menyajikan permasalahan nyata yang ada dilingkungan sekitar siswa sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran adalah Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis. Rancangan penelitian ini berupa Posttest Control Group Design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di MAN Malang 02 Kota Batu dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa setelah perlakuan pada kedua kelas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Statistik dengan bantuan SPSS for Windows. Instrumen penelitian ini menggunakan soal essai. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh nilai sig sebesar 0 000. Nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen adalah 77 37 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 69 35. Sehingga model Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Saran yang dapat diberikan diharapkan memberi manfaat antara lain 1) sekolah disarankan menganjurkan kepada guru untuk menerapkan Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study dalam pembelajaran 2) guru disarankan menerapkan Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study sebagai alternatif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam pembelajaran terutama kemampuan berpikir analitis siswa 3) peneliti lanjut yang berminat melakukan penelitian serupa dapat menambah variabel dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |