Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 7 Kota Malang / Yeyen Mei Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 7 Kota Malang / Yeyen Mei Ratnasari

Ratnasari, Yeyen Mei (2015) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 7 Kota Malang / Yeyen Mei Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Yeyen Mei. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Brainstorming pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 7 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (2) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci metode brainstorming hasil belajar Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMPN 7 Kota Malang diketahui bahwa siswa kelas VII mengalami beberapa permasalahan antara lain (1) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh guru menurut siswa membosankan karena mata pelajaran Bahasa Indonesia bersifat menghafal konsep-konsep (2) siswa kurang berminat dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia (3) siswa bosan karena guru menggunakan metode ceramah (4) motivasi belajar siswa kurang (5) siswa kurang diberi kesempatan dalam mengembangkan ide dan pikirannya. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional yaitu menggunakan metode ceramah siswa bosan pembelajaran kurang bervariasi aktivitas guru lebih dominan dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 7 Kota Malang setelah mengikuti pembelajaran metode Brainstorming. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa tindakan perbaikan pembelajaran oleh guru dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN Kota Malang. Ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap pertemuan atau siklus. Dari siklus 1 pertemuan I yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase (14%) pada siklus 1 pertemuan II sebanyak12 siswa dengan persentase (42%) pada siklus 2 pertemuan I sebanyak 18 siswa dengan persentase (64%) pada siklus 2 pertemuan II sebanyak 26 siswa dengan persentase (93%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMPN 7 Kota Malang. Oleh karena itu disarankan kepada guru dan pihak sekolah agar menerapkan metode Brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item