Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasilo belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS-1 SMAN 1 Besuk Kabupaten Probolinggo / Faizal Khairy Aprilianto

Aprilianto, Faizal Khairy (2014) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasilo belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS-1 SMAN 1 Besuk Kabupaten Probolinggo / Faizal Khairy Aprilianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprilianto, Faizal Khairy. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Besuk Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si, (II) Drs. Soetjipto TH, S.H, M.Pd Kata Kunci: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, hasil belajar     Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukan berbagai kelemahan, salah satunya ialah penggunaan metode pembelajaran yang tidak menarik siswa. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2013 di SMA Negeri 1 Besuk kabupaten Probolinggo pada kelas XI IPS 1 diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru, sedang siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan kurang aktif dalam diskusi menunjukkan motivasi belajar siswa rendah. Hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi siswa dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).     Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini, peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa Kelas XI IPS 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Besuk kabupaten Probolinggo Tahun Pejalaran 2013/1014. Pengumpulan data motivasi belajar dilakukan dengan pemberian angket pada siklus I dan siklus II. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan pemberian tes pada siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu dengan cara membandingkan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II dengan menggunakan tabel dan grafik.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari dari siklus I 66,4 menjadi 78,1 pada siklus II atau sebesar 17,62%. Hasil analisis data hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I 71,8 menjadi 88 pada siklus II atau sebesar 22,56%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53194

Actions (login required)

View Item View Item