Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen / Meris - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen / Meris

Ambarwati, Meris Dila Ayu (2014) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen / Meris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ambarwati Meris D.A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Kaitanya dengan Pembangunan Berkelanjutan Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci model pembelajaran Think Pair Share (TPS) aktivitas belajar pemahaman konsep. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada bulan September 2013 di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen diketahui bahwa kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru (teacher center). Siswa hanya duduk mendengarkan mencatat diam bahkan ada siswa yang bermain sendiri dan tidak mendengarkan ketika guru sedang memberi penjelasan sehingga siswa kurang aktif dalam melakukan aktivitas belajar seperti mengemukakan pendapat berdiskusi dan tanya jawab dengan guru bertanya ataupun mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru. Hasil observasi diketahui bahwa aktivitas belajar siswa termasuk pada kualifikasi aktivititas kurang yakni dengan rata-rata skor aktivitas belajar kelas sebesar 62 7. Hasil nilai ulangan harian dari 31 siswa hanya 7 siswa yang mampu tuntas dan memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) sedangkan 24 siswa mendapatkan nilai di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yang ditentukan sekolah yaitu 76. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitanya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan diberlakukan pada kelas XI IPS 3 semester II di SMA Negeri 1 Kepanjen pada pokok bahasan materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitanya dengan pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitanya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen setelah pelaksanaan proses pembelajaran dengan model TPS pada siklus I dan siklus II. Hasil aktivitas belajar pada siklus I rata-rata sebesar 69 sedangkan siklus II rata-rata nilai aktivitas belajar sebesar 77 2. Peningkatan pada aktivitas belajar sebesar 8 2 dengan persentase sebesar 11 9% . Hasil nilai pemahaman konsep siklus I rata-rata sebesar 80 9 sedangkan siklus II rata-rata nilai pemahaman konsep sebesar 89 4. Peningkatan pada pemahaman konsep sebesar 8 5 dengan persentase sebesar 10 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53192

Actions (login required)

View Item View Item