Pemanfaatan buku sebagai sumber belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Ki Hadjar Dewantara Kota Malang / Ridwan Pratama Nur Hakiki

Hakiki, Ridwan Pratama Nur (2018) Pemanfaatan buku sebagai sumber belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Ki Hadjar Dewantara Kota Malang / Ridwan Pratama Nur Hakiki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hakiki, Ridwan P.N. 2018. Pemanfaatan Buku sebagai Sumber Belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Ki Hadjar Dewantara Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Supriyono, M.Pd, (II) Dr. M. Ishaq, M.Pd Kata Kunci: Sumber Belajar, Program Kesetaraan Paket C, PKBM Ki Hadjar Dewantara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ki Hadjar Dewantara merupakan lembaga satuan pendidikan nonformal yang aktif, memiliki program pendidikan kesetaraan Paket C di Kota Malang. PKBM ini memiliki sumber belajar yang lengkap, khususnya berupa buku. Pemanfaatan buku dalam pembelajaran Paket C sangat penting karena dapat menentukan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apa saja jenis sumber belajar berupa buku Paket C yang dimiliki oleh PKBM Ki Hadjar Dewantara, (2) bagaimana kondisi sumber belajar berupa buku Paket C di PKBM Ki Hadjar Dewantara, (3) bagaimana pemanfaatan sumber belajar berupa buku dalam proses pembelajaran Paket C di PKBM Ki Hadjar Dewantara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah pengelola, tutor dan warga belajar PKBM Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) jenis sumber belajar berupa buku Paket C yang ada di PKBM Ki Hadjar Dewantara ada dua jenis yaitu, (a) buku utama, yaitu berupa buku paket, buku modul, dan buku lembar kegiatan siswa (LKS), dan (b) buku pelengkap yaitu handout materi dan latihan/bank soal, (2) kondisi sumber belajar berupa buku: 25 buku paket terdiri 11 mata pelajaran masih bagus/baik, buku modul terdiri dari lima mata pelajaran masih bagus, dan buku LKS oleh masing-masing tutor juga masih bagus, sedangkan handout materi dan latihan soal sebagai tambahan materi dari buku utama ketika tutor ingin memberikan materi tambahan/pengayaan melalui lembar fotocopyan/print-printan yang sudah dipersiapkan, (3) pemanfaatan sumber belajar berupa buku dalam pembelajaran Paket C dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, (a) perencanaan; setiap tutor merencanakan melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan tujuan pembelajaran, (b) pelaksanaan; penggunaan buku oleh tutor paket C dalam pembelajaran berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di kelas, pemanfaatan buku tersebut kurang maksimal karena hanya didominasi oleh tutor, upaya tutor untuk memanfaatkan sumber belajar baik karena mampu memanfaatkan gabungan sumber belajar lain namun sifatnya masih sederhana seperti papan tulis, metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan, (c) evaluasi; tutor melakukan dengan cara melihat dan mengamati sikap, partisipasi warga belajar dan respon saat pembelajaran di kelas. Saran (1) bagi tutor, hendaknya memanfaatkan buku secara maksimal, lebih selektif dan variatif lagi dalam memanfaatkan buku sebagai sumber belajar sehingga memungkinkan menggunakannya secara modern, tidak menjadikan WB sebagai objek pembelajaran dengan hanya tutor saja yang memiliki pegangan ii buku, serta dalam evaluasi pemanfaatan buku lebih maksimal dan sistematis lagi agar dapat mengetahui sumber belajar mana yang dapat diguanakan secara efektif dan efisien. (2) Bagi pengelola PKBM hendaknya merekrut pegawai baru untuk bagian perpustakaan agar buku-buku yang ada dapat terkelola dengan baik, selain itu ketersediaan buku sebagai sumber belajar di lembaga ini baik dan memiliki potensi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kondusif, efektif, dan efisien untuk itu hendaknya pengelola memberikan pelatihan kepada tutor tentang pemanfaatan buku sebagai sumber belajar agar penggunaannya dapat maksimal dan lebih modern lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item