Pengaruh model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu-Jember / Riza Wahyu Amriyatiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu-Jember / Riza Wahyu Amriyatiningrum

Amriyatiningrum, Riza Wahyu (2014) Pengaruh model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu-Jember / Riza Wahyu Amriyatiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amriyatiningrum Riza Wahyu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri Ambulu-Jember. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. Kata Kunci model Student Facilitator and Explaining (SFAE) kemampuan memahami konsep geografi 12288 12288 12288 12288 Proses pembelajaran yang dilakukan sebagian besar guru cenderung pada penghafalan konsep bukan pemahaman konsep. Akibatnya siswa tidak dapat membangun konsep-konsep geografi yang fundamental pada awal mereka belajar geografi yang berdampak pada hasil belajar geografi siswa menjadi rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan memahami konsep geografi adalah Student Facilitator and Explaining (SFAE). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa pada materi litosfer. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu menggunakan desain non-equivalent (prates dan pascates) control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Ambulu-Jember semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 yaitu kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan esay. Analisis data menggunakan statistik kuantitatif berupa uji t dengan taraf signifikansi 945 0 05. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan memahami konsep geografi kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas control. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83 43 sedangkan kelas kontrol sebesar 74 58. Berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi 0 000 sehingga kemampuan memahami konsep geografi pada materi litosfer kedua kelas terbukti berbeda. Dapat disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diajukan bagi guru dan sekolah antara lain 1) guru disarankan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) sebagai variasi dalam mengajar untuk menghindari kebosanan siswa 2) guru harus memilih materi yang sesuai dengan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan 3) pihak sekolah (kepala sekolah) disarankan melengkapi fasilitas yang ada di sekolah guna menunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53180

Actions (login required)

View Item View Item