Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi terhadap perpikir kreatif siswa pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Siska Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi terhadap perpikir kreatif siswa pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Siska Amalia

Amaliasari, Siska (2014) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi terhadap perpikir kreatif siswa pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Siska Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amaliasari Siska. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Metakognisi Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 6 MALANG. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd. M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Metakognisi Kemampuan Berpikir Kreatif Kemampuan berpikir kreatif dapat dilatih melalui mata pelajaran Geografi dipadukan dengan memanfaatkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Metakognisi. Model pembelajaran tersebut memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) melatih siswa bekerja mandiri berpikir kritis dan kreatif untuk bekerja lebih cepat dan efisien dalam mencapai tujuan yang diinginkan (2) melatih dan membudayakan siswa untuk menggunakan kemampuan metakognisinya guna berpikir secara sistematis dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah (3) membudayakan siswa berkolaborasi (kerjasama) dalam menyelesaikan masalah (4) dapat meningkatkan kompetensi belajar akademik dan mengembangkan keterampilan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi terhadap berpikir kreatif siswa Penelitian yang tergolong eksperimen semu (quasi eksperiment) ini mengambil subyek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif (post test). Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang dapat diselesaikan dengan bantuan program SPSS 16 00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen sebesar 75 82 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68 89. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 002. Dengan demikian nilai signifikansi 0 002 0 05 maka H0 ditolak. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Metakognisi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 6 Malang. Saran yang diajukan untuk guru mata pelajaran Geografi adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Pihak sekolah diharapkan agar menganjurkan kepada guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi dan memberikan informasi yang relevan terkait dengan penggunaan model pembelajaran tersebut. Saran untuk peneliti lanjutan yakni mengujicobakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis metakognisi di sekolah lain yang kemampuan awal mereka lebih rendah dan merencanakan langkah-langkah kegiatan dan waktu yang ada dalam RPP dengan cermat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53179

Actions (login required)

View Item View Item