Fitriah, Lailatul (2014) Perbandingan validitas materi pembelajaran IPS-Geografi dalam buku teks dan database software G-Eureka / Lailatul Fitriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fitriah Lailatul. 2013. Perbandingan Validitas Materi Pembelajaran IPS-Geografi dalam Buku Teks dan Database Software G-Eureka. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budijanto M. Sos. (II) Drs. Hadi Sukamto S.H. M.Pd. Kata Kunci validitas buku teks software G-Eureka Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini membandingkan validitas dua produk teknologi pembelajaran yaitu urgensi ketersediaan bahan ajar yang berkualitas. Tingkat kebutuhan terhadap bahan ajar yang relatif tinggi tidak ditunjang dengan kualitas yang baik. Indikasi kualitas yang rendah ditunjukkan dengan terabaikannya beberapa kaidah antara lain kebakuan bahasa aktualitas data ataupun fakta serta validitas konsep. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis validitas materi Perubahan Muka Bumi pada buku IPS-Geografi SMP kelas VII yang diterbitkan oleh Esis (2013) dan materi Relief Bumi yang terdapat dalam database software G-Eureka yang dikembangkan oleh Wardoyo(2013). Materi pembelajaran pada kedua produk tersebut sesuai dengan muatan kurikulum tahun 2013 meskipun hanya terbatas pada aspek pengetahuan (Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 3). Ditinjau dari relevansi itu penelitian ini bertujuan untuk membandingkan validitas kedua bahan ajar tersebut ditinjau dari aspek isi dan kebahasaan. Metode penelitian menggunakan analisis isi. Kegiatan penelitian terdiri dari lima tahap yaitu 1) survei awal terhadap buku teks IPS-Geografi berbasis kurikulum tahun 2013 2) pemilihan buku teks yang dominan digunakan siswa 3) pemilihan bahan ajar pembanding 4) analisis dengan menggunakan rubrik dan 5) penyimpulan taraf validitas substansi bahan ajar. Analisis data menggunakan dua teknik yaitu analisis teks dan analisis deskriptif. Analisis teks bertujuan untuk mengkaji validitas bahan ajar ditinjau dari aspek kebahasaan dan substansi. Analisis deskriptif dilakukan untuk mempersentasikan taraf validitas substansi dan kebahasaan bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis didapatkan dua kesimpulan terkait dengan tingkat validitas isi dan kebahasaan. Kesimpulan pertama yaitu validitas materi Perubahan Muka Bumi pada buku teks IPS-Geografi untuk SMP kelas VII yang diterbitkan oleh Esis (2013) termasuk dalam kategori kurang. Hal itu diindikasikan dengan tingkat akurasi materi 25% validitas konsep 72 41% kebakuan kata 97 99% kekomunikatifan diksi 93 50% kebakuan kalimat 79 76% kelugasan kalimat 30 90% konsitensi struktur paragraf 18 99% ketercernaan paragraf 17 72% dan tingkat keruntutan alur pikir 16 46%. Kesimpulan kedua yaitu validitas materi Relief Bumi pada database software G-Eureka yang dikembangkan oleh Wardoyo (2013 ) termasuk dalam kategori baik. Hal itu diindikasikan dengan tingkat akurasi materi 100% validitas konsep 78 38% kebakuan kata 99 77 % kekomunikatifan diksi 99 76 % kebakuan kalimat 89 19% kelugasan kalimat 89 19% konsitensi struktur paragraf 98 14% ketercernaan paragraf 89 3% dan keruntutan alur pikir 93 13%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |