Lestari, Dian Wahyu (2014) Pengaruh penerapan model pembelajaran Nimbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Panjura Malang / Dian Wahyu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lestari Dian Wahyu. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA PANJURA Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata kunci Kemampuan berpikir kritis Numbered Heads Together (NHT) Salah satu permasalahan pendidikan yang paling disoroti saat ini adalah permasalahan yang berkaitan dengan mutu pendidikan. Kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah merupakan salah satu contoh mutu pendidikan yang masih rendah. Pembelajaran di kelas termasuk pembelajaran geografi dirasa belum efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa namun tidak membuat siswa merasa tertekan saat pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA PANJURA Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA PANJURA Malang Tahun Ajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang digunakan untuk pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rata-rata hasil pretest kemampuan berpikir kritis sebesar 14 36 dan posttest sebesar 18 85 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata hasil pretest sebesar 14 56 dan posttest sebesar 14 72. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dibanding 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA PANJURA Malang. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi yaitu menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengujicobakan Model Numbered Heads Together pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi dan jenjang kelas atau sekolah yang berbeda pula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |