Analisis ketimpangan pendapatan penambang pasir di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang / Dwi Sulastri Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis ketimpangan pendapatan penambang pasir di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang / Dwi Sulastri Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Dwi Sulastri (2014) Analisis ketimpangan pendapatan penambang pasir di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang / Dwi Sulastri Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuningtyas Dwi Sulastri. 2013. Analisis Ketimpangan Pendapatan Pe-nambang Pasir Di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pem-bimbing (1) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si (2) Drs. Rudi Hartono M. Si. Kata Kunci ketimpangan pendapatan pendapatan penambang penambang pasir. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan rutin gunung semeru yang mengeluarkan material berupa pasir si sepanjang aliran lahar dijadikan sebagai areal pertambangan. Salah satunya yakni di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajng. Di desa tersebut terdapat dua lokasi pertambangan yang berbeda yakni di sungai dan pantai. Penambang yang terlibat yakni pengeruk dan pengangkut pasir. Perbedaan pekerjaan tersebut mempengaruhi besar upah yang diterima oleh keduanya. Berkaitan dengan itu maka diperlukan analisis ketimpangan pendapatan penambang pasir. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yakni kondisi geografis lokasi pertambangan pendapatan penambang pasir pada dua lokasi yang berbeda serta ketimpangan pendapatan yang terjadi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu didapatkan sampel sebanyak 66 responden di Sungai Regoyo dan Pantai Bambang Desa Bago Kecamatan Pasirian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data primer maupun sekunder yakni menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui kesenjangan atau ketimpangan distribusi pendapatan penambang pasir yaitu dengan menggunakan rumus koefisien gini. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terdapat perbedaan kondisi geografis pada dua lokasi pertambangan yang berbeda yang mempengaruhi jam kerja dan curahan waktu yang digunakan oleh penambang. Kedua pendapatan penambang pasir di lokasi pertambangan Pantai Bambang lebih tinggi jika di-bandingkan dengan penambang pasir di Sungai Regoyo. Ketiga terdapat ketimpangan pendapatan penambang pasir (pengeruk dan pengangkut) di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dengan kategori ketimpangan rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53170

Actions (login required)

View Item View Item