Pengaruh integrasi model pembelajaran sains Arias dengan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 10 Malang / Widiya Sholichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh integrasi model pembelajaran sains Arias dengan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 10 Malang / Widiya Sholichah

Sholichah, Widiya (2013) Pengaruh integrasi model pembelajaran sains Arias dengan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 10 Malang / Widiya Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholichah Widiya. 2013. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geogarfi SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci ARIAS Team Assisted Individualization Hasil Belajar Pembelajaran geografi dapat mengembangkan kemampuan intelektual tiap orang atau secara khusus anak didik yang mempelajarinya. Dengan demikian pengajaran geografi mempunyai kemampuan melatih anak didik mencapai kedewasaan mental dalam berpikir merasakan dan mengembangkan keterampilannya. Geografi tidak hanya menekankan aspek hafalan-hafalan tempat ruang penduduk dan interaksinya seperti yang terjadi di sekolah selama ini tetapi juga menyiapkan peserta didik yang cakap berpikir dalam pemecahan masalah (skills) dan memiliki sikap dan nilai-nilai positif (attitudes and values). Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geogarfi SMA Negeri 10 Malang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian eksperimen semu (quasi-eksperiment) ini adalah pretest-posttest control group design. Perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization. Sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai gain score antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diperoleh masing-masing 16 388 dan 25 903. Dengan demikian hasil di atas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan terhadap kelas kontrol maupun kelas ekperimen. Selain itu perpaduan 2 model pembelajaran seperti integrasi model pembelajaran ARIAS dengan Team Assisted Individualization lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53155

Actions (login required)

View Item View Item