Kompetensi pedagogi guru pos PAUD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Annas Uswathun Khasanah

Khasanah, Annas Uswathun (2018) Kompetensi pedagogi guru pos PAUD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Annas Uswathun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khasanah, Annas Uswathun. 2018. Kompetensi Pedagogi Guru Pos PAUD Kecamatan Lowokwaru.Skripsi. Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sri Wahyuni S.Pd, M.Pd, (II) Drs H. Nurhadi M.Pd Kata Kunci : Kompetensi pedagogi, guru pos PAUD Kompetensi pedagogi yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan karakteristik anak dilihat dari berbagai aspek seperti moral, emosional, dan intelektual. Hal tersebut berimplikasi bahwa seorang guru harus mampu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar, karena anak memiliki karakter, sifat, dan interest yang berbeda. Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum, seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal.Guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas, dan harus mampu melakukan kegiatan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kompetensi pedagogi guru Pos PAUD Kecamatan Lowokwaru.Metode yang digunakan penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru pos PAUD yang berjumlah 170 guru se kecamatan Lowokwaru. Dari populasi tersebut diambil 30% secara acak sebagai sampel sehingga total sampel penenitian berjumlah 43 guru yang tersebar di Kecamatan Lowokwaru. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, teknik analisis yang digunakan adalah rumus persentase dan distribusi frekuensiyang diolah menggunakan SPSS. Hasil analisis data menunjukan bahwa sub kompetensi pedagogi (1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 82% (2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 85% (3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu 85% (4) menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 84% (5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik 85%(6) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki 88% (7) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik 84% (8) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar 83% (9) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasiuntukkepentinganpembelajaran82% (10) melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran 86%dan mempunyai kualifikasi yang sangatbaik. Dalam hasil penelitian disarankan pada (1) guru pos PAUD, dengan hadirnya peneliti ini guru Pos PAUD dapat mempertahankan kompetensi pedagogi dengan baik, (2) pendidikan luar sekolah dapat dijadikan literatur ilmu pengetahuan dimasa datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item