Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Pasuruan / Lustiani Sulistio Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Pasuruan / Lustiani Sulistio Wahyuni

Wahyuni, Lustiani Sulistio (2018) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Pasuruan / Lustiani Sulistio Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wahyuni L.S. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Peserta Pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Nurhadi M.Pd Pembimbing (II) Edi Widianto S. Pd M. Pd. Kata Kunci metode pembelajaran prestasi belajar pelatihan UPT PK Pasuruan Pelatihan merupakan upaya untuk menambah pengetahuan menambah skill dan juga memperbaiki sikap. Sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu lembaga pemerintah yang bertugas menyelenggarakan pelatihan adalah Unit Pelasana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Pasuruan. Pelatihan yang dilakukan di UPT PK Pasuruan ada 18 jenis pelatihan dalam berbagai bidang salah satunya pada bidang menjahit. Dalam pelaksanaan pelatihan instruktur menggunakan metode pembelajaran. Metode yang digunakan pada pelatihan menjahit di UPT PK Pasuruan adalah metode ceramah metode demonstrasi metode tanya jawab metode praktek metode tugas dan metode diskusi. Setelah melakukan proses pembelajaran atau pelatihan peserta akan mendapatkan hasil belajar atau disebut prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta pelatihan di UPT PK Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian regresi berganda. Variabel pada penelitian ini terdiri dari (1) variabel bebas yaitu metode ceramah (X1) metode demonstrasi (X2) metode tanya jawab (X3) metode praktek (X4) metode tugas (X5) metode diskusi (X6) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena peserta yang mengikuti pelatihan sebesar 16 peserta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan MS.Excel dan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh sebesar 45 5% dengan nilai signifikan 0 001 antara metode ceramah terhadap prestasi belajar (2) terdapat pengaruh sebesar 20 2% dengan nilai signifikan 0 027 antara metode demonstrasi terhadap prestasi belajar (3) tidak terdapat pengaruh antara metode tanya jawab terhadap prestasi belajar (4) terdapat pengaruh sebesar 69 2% dengan nilai signifikan 0 000 antara metode praktek terhadap prestasi belajar (5) tidak terdapat pengaruh antara metode tugas terhadap prestasi belajar (6) terdapat pengaruh sebesar 23 3% dengan nilai signifikan 0 017% antara metode diskusi terhadap prestasi belajar. Metode pembelajaran yang paling berpengaruh adalah penggunaan metode praktek sebesar 69 2%. Saran yang dapat diberikan (1) Penggunaan metode ceramah metode demonstrasi metode diskusi dan metode praktek oleh instruktur dapat dipertahankan dalam proses pembelajaran mengajar di UPT PK Pasuruan agar meningkatkan prestasi belajar peserta pelatihan (2) Penggunaan metode tanya jawab dan metode tugas perlu diubah dan diberikan inovasi agar memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar peserta pelatihan di UPT PK Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5314

Actions (login required)

View Item View Item