Safantha, Inka Rizky (2013) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis komputer pada matapelajaran geografi kelas XI IPS materi fenomena antroposfer dan aspek kependudukan / Inka Rizky Safantha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Safantha Inka Rizky. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berbasis Komputer pada Matapelajaran Geografi Kelas XI IPS Materi Fenomena Antroposfer dan Aspek Kependudukan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Soelistijo M. Si. (II) Drs. Yusuf Suharto. Kata Kunci media pembelajaran permainan ular tangga berbasis komputer geografi fenomena antroposfer dan aspek kependudukan 12288 12288 12288 12288 Materi fenomena antroposfer dan aspek kependudukan banyak mengan-dung istilah-istilah dan rumus-rumus yang harus dibedakan dan dipahami oleh siswa. Seringkali siswa merasa kesulitan memahami materi tersebut dan cepat bosan dalam belajar. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menciptakan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis komputer pada matapelajaran geografi kelas XI IPS yang membahas tentang materi fenomena antroposfer dan aspek kependudukan. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif yang terdiri dari perumusan tujuan pembelajaran analisis materi perancangan media produksi media editing prototype validasi media uji coba media dan produk akhir. Data penelitian bersifat data kualitatif yang diperoleh dari uji validasi media oleh ahli media dan ahli materi serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil uji coba media di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa media ini layak (valid) untuk dilanjutkan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba media pada siswa diperoleh nilai 86% dengan kriteria layak . Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut disimpulkan bahwa produk layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang yaitu (1) siswa diharapkan lebih aktif dan dapat berkompetisi secara sehat dalam bermain ular tangga (3) guru diharapkan terlebih dahulu memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai mengidentifikasi karakteristik siswa menguasai materi yang disajikan membaca petunjuk pemanfaatan (4) guru menyiapkan beberapa peralatan pendukung yang diperlukan (5) agar media digunakan secara luas guru pengajar matapelajaran geografi dapat mengakses media dengan menghubungi pengem-bang (6) pengembang produk yang akan datang dapat membuat produk untuk materi lainnya yang lebih baik dan menarik dengan memanfaatkan program yang lebih canggih lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |