Analisis SWOT untuk pengembangan objek wisata pemandian Tasnan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso / Nailul Insani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis SWOT untuk pengembangan objek wisata pemandian Tasnan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso / Nailul Insani

Insani, Nailul (2013) Analisis SWOT untuk pengembangan objek wisata pemandian Tasnan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso / Nailul Insani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Insani Nailul. 2013. Analisis SWOT Untuk Pengembangan Objek Wisata Pemandian Tasnan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Komang Astina M.S P.hD (2) Purwanto S.Pd M.Si Kata kunci objek wisata pengembangan faktor fisik geografis faktor sosial geografis analisis SWOT Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata. Kabupaten Bondowoso tidak dilalui jalan negara dan tidak berbatasan dengan laut sehingga sektor pariwisata yang ada sulit berkembang. Secara umum permasalahan yang dihadapi beberapa objek wisata memiliki kesamaan yaitu jumlah pengunjung yang menurun dan fasilitas objek wisata yang kurang terawat. Objek Wisata Pemandian Tasnan adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Bondowoso yang perlu dikembangkan. Pengembangan objek wisata perlu dilakukan agar mampu bersaing dengan objek wisata lain. Potensi daerah yang cukup besar ini seharusnya dapat dikelola dan dikembangkan dengan strategi yang sesuai dengan keragaman faktor internal dan eksternal yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kondisi fisik geografis dalam mendukung usaha pengembangan Pemandian Tasnan (2) mendeskripsikan kondisi sosial geografis dalam mendukung usaha pengembangan Pemandian Tasnan dan (3) mengetahui hasil analisis SWOT untuk rekomendasi pengembangan Objek Wisata. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan yaitu observasi awal pengumpulan data dan analisis data. Analisis data menggunakan model IFAS (Internal Factors Aalysis Strategic) dan EFAS (Eksternal Factors Aalysis Strategic) kemudian dilanjutkan dengan Matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kondisi fisik geografis sangat sesuai dan mendukung untuk pengembangan Pemandian (2) kondisi sosial geografis sangat sesuai dan mendukung untuk pengembangan Pemandian (3) berdasarkan analisis SWOT posisi Objek Wisata Pemadian Tasnan berada pada Kuadran I Tumbuh dan Bina (konsentrasi melalui integrasi vertikal). Rekomendasi pengembangan yang sesuai untuk Objek Wisata Pemandian Tasnan Adalah Ekowisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53131

Actions (login required)

View Item View Item