Pengaruh penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Toni Setya Budi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Toni Setya Budi

Budi, Toni Setya (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Toni Setya Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budi Toni Setya. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si (II) Drs. Yusuf Suharto Kata Kunci model pembelajaran IOC TSTS kemampuan berpikir kritis. Model inside-outside circle (IOC) merupakan alternatif untuk mencipta-kan situasi dan kondisi belajar yang menyenangkan saling bekerjasama bermakna serta pembelajaran yang dirancang untuk lebih bevariasi. Penerapan model inside-outside circle (IOC) dalam geografi dapat menanamkan keterampilan siswa untuk melakukan pengamatan bekerjasama berpikir kritis siswa dan mengembangkan sikap sosial siswa dengan cara saling berbagi informasi. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran inside-outside circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang. Jenis penelitian ini berupa penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes yang berupa pretest dan posttest yang selanjutnya selisih antara pretest dan posttest (gain score) ini digunakan untuk pengujian hipotesis. Analisis data menggunakan uji t dengan uji statistik Independent Sampel Test dengan bantuan SPSS for Windows. Berdasarkan hasil analisis data kelas eksperimen memiliki gain score sebesar 30 02 dan untuk kelas kontrol sebesar 8 93. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dapat dilihat dari hasil uji t. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model IOC memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53130

Actions (login required)

View Item View Item