Pengaruh metode Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM / Citra Rizky Ratna Putri

Putri, Citra Rizky Ratna (2018) Pengaruh metode Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM / Citra Rizky Ratna Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putri, Citra Rizky Ratna. 2018. Pengaruh Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis Di SLB Autis Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd, (2) Eka Pramono Adi, S.IP, M.Si Kata kunci: Autis, Metode Picture Exchange Communication System (PECS), Kemampuan Komunikasi. Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan yang sangat kompleks yang mencakup bidang komunikasi, interaksi sosial, emosi, dan ketertarikan terhadap perilaku tertentu. Autis mengalami hambatan belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitar yang mengakibatkan dampak-dampak tertentu, salah satunya hambatan dalam berkomunikasi pada siswa autis sehingga diperlukannya metode untuk membantu anak dalam mengemukakan keinginannya. Anak membutuhkan alat bantu dan metode khusus dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan bahasa terutama dalam kemampuan berbicara. Salah satu metodenya yaitu metode Picture Exchange Communication System (PECS). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tentang kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM sebelum diberikan metode Picture Exchange Communication System (PECS). (2) Mendeskripsikan tentang kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM sesudah diberikan intervensi metode Picture Exchange Communication System (PECS). (3) Mendeskripsikan pengaruh metode Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah anak autis kelas 1 SLB Autis Laboratorium UM. Instrumen penelitian ini menggunakan yang berisikan tentang kemampuan komunikasi anak berdasarkan tahapan PECS fase 1 sampai fase 6 dengan menggunakan kriteria penilaian skor maksimal adalah 4 dan 1 adalah skor minimal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Picture Exchange Communication System (PECS) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Hal ini ditunjukkan dengan presentase overlap 0% yang berarti bahwa intervensi berupa metode Picture Exchange Communication System (PECS) memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan komunikasi anak di SLB Autis Laboratorium UM. Selain itu, hasil analisis data menunjukan kemampuan komunikasi anak autis mengalami peningkatan pada kondisi Baseline-2 (A2) atau kondisi kontrol yaitu skor stabil 72,50%, skor tersebut lebih tinggi dari kondisi Baseline-1 (A1) atau kondisi sebelum diberikan intervensi dengan skor stabil 50,00%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Picture Exchange Communication System (PECS) terdapat pengaruh terhadap ii peningkatan kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Saran yang dapat diberikan adalah: (1) Bagi sekolah disarankan untuk memberikan jam khusus setiap harinya untuk memberikan latihan atau terapi pada anak autis verbal pasif agar kemampuan komunikasi anak meningkat baik komunikasi ekspresif maupun reseptif.(2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian menggunakan metode Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan bicara pada anak autis. (3) Bagi orang tua agar dapat memberikan metode PECS dirumah, agar dapat mengetahui keinginan anak melalui media visual dan kemampuan komunikasi anak menjadi lebih berkembang. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item