Pengaruh dongeng terhadap kemampuan oral literasi pada anak usia dini / Vega Hardikasari

Hardikasari, Vega (2018) Pengaruh dongeng terhadap kemampuan oral literasi pada anak usia dini / Vega Hardikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hardikasari, Vega. 2018. Pengaruh Dongeng Terhadap Kemampuan Oral Literasi Pada Anak Usia Dini. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd, M.Pd, (2) Drs. H. Nurhadi M.Pd. Kata Kunci : Dongeng, Oral Literasi, Anak Usia Dini Dongeng merupakan cerita prosa yang dianggap tidak benar-benar terjadi (fiktif) oleh pemilik cerita, bersifat menghibur, dan berisi pesan moral. Literasi yang berkembang saat ini bukan lagi sekedar membaca dan menulis, namun juga bepikir kritis, berbahasa lisan dan menggunakan seluruh potensi literasinya dalam kehidupan sosial dan budayanya. Yang dimaksud dengan oral literasi pada penelitian ini yakni kemampuan lisan anak dalam berbicara. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui adanya pengaruh cerita dongeng terhadap kemampuan oral literasi pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitan adalah seluruh peserta didik di Pos PAUD Permata Bunda yang berjumlah 30 anak usia 4-5 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi. Sebab, jumlah populasi dalam penelitian ini tergolong kecil, sehingga perlu mengambil seluruh populasi. Instrumen perlakuan dalam penelitian ini adalah cerita dongeng. Sedangkan instrumen pengukurannya menggunakan lembar penilaian kemampuan oral literasi yang berbentuk soal pre-test dan post-test menggunakan bantuan gambar seri dalam memberikan pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan yakni hasil presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan cerita dongeng, uji normalitas data, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Paired Samples T-Test dengan menguji perbedaan antara nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kemampuan oral literasi yang diberikan setelah perlakuan dongeng lebih besar (83,75) dari hasil rata-rata nilai pre-test (66,44) yang diberikan sebelum perlakuan dongeng. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Paired Samples T-Test dengan ketentuan signifikansi 0,05 diperoleh hasil sebesar 0,001 (< 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dongeng berpengaruh terhadap kemampuan oral literasi pada anak usia dini dengan perbedaan lebih tinggi. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan dongeng sangat tergantung dengan performa pendongeng. Saran dalam penelitian ini antara lain (1) bagi orangtua, hasil dari penelitian ini dapat digunakan referensi untuk lebih menggunakan dongeng dalam pengasuhan, terutama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. (2) Bagi pendidik, dapat dijadikan referensi efektif dalam mengembangkan metode dongeng sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran untuk anak (3) Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan peneltian lebih lanjut terkait kemampuan literasi anak usia dini yang lain, yakni literasi visual, dan literasi cetak, mengingat penelitian ini telah menunjukkan bahwa dongeng berpengaruh terhadap kemampuan oral literasi pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item View Item