Perbandingan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar siswa IPS geografi kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar / Vandya Prillasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar siswa IPS geografi kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar / Vandya Prillasari

Prillasari, Vandya (2013) Perbandingan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar siswa IPS geografi kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar / Vandya Prillasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Numbered Heads Together Student Teams Achievement Divisions hasil belajar. Pembelajaran yang diperlukan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional adalah pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran pemilihan suatu model pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih hendaknya mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan nyaman sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara menyenangkan. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran dalam kelas berjalan secara menyenangkan adalah dengan penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions pada materi kondisi geografis dan penduduk kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas Numbered Heads Together dan kelas VII G sebagai kelas Student Teams Achievement Divisions. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk uraian atau essay untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan (Independent Samples t Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi daripada kelas Numbered Heads Together. Kelas Student Teams Achievement Divisions mempunyai rata-rata kelas yaitu 43 46 sedangkan kelas Numbered Heads Together sebesar 23 93 dan dari hasil uji-t gainscore didapatkan nilai probabilitas sebesar 0 000 yang berarti bahwa H0 ditolak sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS Geografi dengan penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar. Disarankan bagi guru geografi untuk lebih menekankan dalam menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions daripada model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi kondisi geografis dan penduduk. Bagi sekolah disarankan untuk memberikan informasi mengenai model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan atau mengganti variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53115

Actions (login required)

View Item View Item