Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu / Diami Marisandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu / Diami Marisandi

Marisandi, Diami (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu / Diami Marisandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think Pair Share Hasil Belajar Geografi Pelestarian Lingkungan Hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes esai untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t 2 sampel tidak berpasangan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang hanya belajar dengan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 30 6 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 20 71 dengan signifikansi sebesar 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53114

Actions (login required)

View Item View Item