Kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini di Pos PAUD Kecamatan Klojen Kota Malang / Miming Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini di Pos PAUD Kecamatan Klojen Kota Malang / Miming Yuliana

Yuliana, Miming (2018) Kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini di Pos PAUD Kecamatan Klojen Kota Malang / Miming Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Yuliana Miming. 2018. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Di Pos PAUD Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Asmah M. Pd (2) Dr. Sri Wahyuni S. Pd M. Pd. Kata Kunci kinerja kepala sekolah Pos PAUD Hasil kerja kepala sekolah Pos PAUD merupakan refleksi dari kompetensi yang dimilikinya kinerja kepala sekolah ditunjukkan dengan hasil kerja yang konkrit dapat diamati dan dapat diukur baik kualitas maupun kuantitasnya sehingga dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan tanggungjawabnya kepala sekolah perlu memiliki kemampuan atau kompetensi agar kinerjanya tercapai dengan baik. Pos PAUD di Kecamatan Klojen Kota Malang mempunyai 32 Pos PAUD yang berstatus aktif sudah mempunyai izin operasional lembaga. Dalam pengelolaan Pos PAUD ada beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain kinerja kepala sekolah dalam mengelola lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Pos PAUD kecamatan Klojen Kota Malang yang dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh Kepala PAUD yaitu kompetensi kepribadian kompetesi manajerial kompetensi kewirausahaan kompetensi supervisi dan kompetensi sosial. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 kepala sekolah Pos PAUD. Sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik sampling jenuh yang berjumlah 32 kepala Pos PAUD. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran angket tertutup kepada seluruh kepala sekolah Pos PAUD yang berjumlah 32 kepala sekolah. Teknik analisis data yaitu menyajikan data setiap variabel yang diteliti dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis persentase. Hasil penelitian secara umum kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini di Pos PAUD Kecamatan Klojen Kota Malang memiliki persentase 81% dinyatakan dengan klasifikasi baik. Sedangkan secara khusus yang dibagi berdasarkan 5 kompetensi yaitu (1) kompetensi kepibadian memiliki persentase 86% dinyatakan dengan klasifikasi sangat baik (2) kompetensi manajerial memiliki persentase 78% dinyatakan dengan klasifikasi baik (3) kompetensi kewirausahaan memiliki persentase 85% dinyatakan dengan klasifikasi sangat baik (4) kompetensi supervisi memiliki persentase 81% dinyatakan dengan klasifikasi baik dan (5) kompetensi sosial memiliki persentase 86% dinyatakan dengan klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada lembaga Pos PAUD untuk dijadikan sebagai informasi dalam peningkatan kinerja kepala sekolah dalam mengelola Pos PAUD. Bagi jurusan Pendidikan Luar Sekolah untuk dijadikan tambahan kajian pengembangan studi yang berkaitan tentang kinerja kepala sekolah Pos PAUD dan pengelolaan PAUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item